Sembiring, Eva Lestaria (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DENGAN PEMBERIAN HANDOUT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IPS SMA NEGERI 1 BAHOROK TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7133342047_COVER.pdf - Published Version
Download (11kB) | Preview
2. NIM. 7133342047_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
4. NIM. 7133342047_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
3. NIM. 7133342047_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
5. NIM. 7133342047_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
6. NIM. 7133342047_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
7. NIM. 7133342047_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
8. NIM. 7133342047_DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
9. NIM. 7133342047_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
10. NIM. 7133342047_BAB I.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
14. NIM. 7133342047_BAB V.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
15. NIM. 7133342047_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar
akuntansi siswa kelas XII IPS SMA Negeri 1 Bahorok. Tujuan penelitian ini
adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar akuntansi siswa dengan
menerapkan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning dengan
Pemberian Handout T.P 2017/2018.
Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 1 Bahorok yang terletak di Jl.
Berdikari No.114 Bahorok. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII
IPS yang berjumlah 30 orang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas
(PTK) yang terdiri dari dua siklus dimana, dalam tiap siklus terdiri dari 4 tahap
yaitu: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Dalam pengumpulan data
teknik yang digunakan adalah melalui tes hasil belajar. Sedangkan teknik analisis
data yaitu dengan data kuantitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan hasil belajar dilihat dari
hasil tes sebelum peenrapan dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 12 orang
(40%) dengan nilai rata-rata 64,4%, sedangkan pada siklus I yang tuntas sebanyak
20 orang (66,66%) dengan nilai rata-rata 73,44%. Meningkat pada siklus II
menjadi 26 orang (86,66%) dengan nilai rata-rata 79,23% atau mengalami
penikatan sebesar 20%. Sebagai indikator ketuntasan klasikal ditetapkan ≥75%
siswa memperoleh nilai ≥75.
Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Contextual
Teaching and Learning dengan Pemberian Handout dapat meningkatkan hasil
belajar akuntansi siswa pada kompetensi dasar siklus akuntansi perusahaan
dagang kelas XII IPS SMA Negeri 1 Bahorok T.P 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 AKT 151 |
Keywords: | Hasil Belajar Pembelajaran Contextual Teaching and Learning dengan Pemberian Handout |
Subjects: | H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9701 Public accounting. Auditing L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 11 Oct 2017 10:42 |
Last Modified: | 28 Oct 2017 04:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26750 |