Harahap, Muhammad Rizki PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBASIS LESSON STUDY MENGGUNAKAN MEDIA MIND MAPPING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA MATERI REAKSI REDOKS. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM. 4131131031 COVER.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
2 NIM. 4131131031 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (538kB) | Preview
3 NIM. 4131131031 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
4 NIM. 413131031 PREFACE.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
5 NIM. 4131131031 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
6 NIM. 4131131031 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
7 NIM. 4131131031 TABLES.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
8 NIM. 4131131031 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
9 NIM. 4131131031 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
13 NIM. 4131131031 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
14 NIM.4131131031 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar dan aktivitas siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Media Index Card match dan grammar crossword puzzle pada pokok bahasan sistem koloid. Penelitian dilakukan di MAS Al-Washliyah Raya Kahean pada seluruh kelas XI. Sampel yang digunakan adalah sampel total yang berjumlah 2 kelas, menjadi kelas eksperimen I dan eksperimen II dengan model pembelajaran yang sama yaitu PBL diberikan perlakuan yang berbeda yaitu kelas eksperimen I dengan media index card match dan kelas eksperimen II dengan media grammar crosswor puzzle. Dengan tehnik purposif sampling. Penelitian ini menggunakan instrumen tes objektif sebanyak 20 soal yang diuji validitasnya, realiabilitas, tingkat kesukaran dan daya beda. Hasil uji t-tes dua pihak untuk hipotesis hasil belajar siswa diperoleh thitung= 1,4447. Daerah Kritis pada : t < -2,4298 dan t > 2,4298. Hipotesis aktivitas belajar diperoleh rhitung ≥ rtabel (0,07 > 2,4298). Hal ini tidak ada perbedaan hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran PBL dengan media index card match dan grammar crossword puzzle pada pokok bahasan sistem koloid. Sementara itu, hasil uji gain diperoleh bahwa peningkatan hasil belajar kelas eksperimen I lebih rendah dibandingkan kelas eksperimen II, dengan rata-rata gain kelas eksperimen sebesar 46,07% dan rata-rata gain kelas eksperimen II sebesar 52,98% dengan selisih peningkatan antara kelas eksperimen I kelas eksperimen II sebesar 6,91%. Dengan demikian tidak ada perbedaan hasil belajar dan aktivitas siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran PBL dengan Media Index Card match dan grammar crossword puzzle pada pokok bahasan sistem koloid.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 KIM 189 |
Keywords: | Media index card match,Media grammar crossword puzzle,Hasil belajar |
Subjects: | Q Science > QD Chemistry Q Science > QD Chemistry > QD146 Inorganic chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 09 Oct 2017 09:03 |
Last Modified: | 09 Oct 2017 03:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26713 |