Sitindaon, Sondang Fitriani (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY MENGGUNAKAN MEDIA PHET TERHADAP KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH DAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8156175011 COVER.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
2. NIM. 8156175011 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (310kB) | Preview
3. NIM. 8156175011 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
4. NIM. 8156175011 PREFACE.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
5. NIM. 8156175011 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
6. NIM. 8156175011 TABLE.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
7. NIM. 8156175011 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
8. NIM. 8156175011 APENDICS.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
9. NIM. 8156175011 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (455kB) | Preview
13. NIM. 8156175011 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
14. NIM. 8156175011 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran guided inquiry terhadap keterampilan pemecahan masalah dan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran fisika, serta hubungan antara keterampilan pemecahan masalah dan keterampilan berpikir kritis siswa. Penelitian ini menggunakan jenis quasi eksperiment dengan desain two group pretes-postes. Populasi penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri 4 Medan. Sampel dalam penelietian ini adalah kelas X.7 sebagai kelas kontrol dan kelas X.4 sebagai kelas eksperimen. Pemilihan sampel dilakukan secara random sampling. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes keterampilan pemecahan masalah dan tes keterampilan berpikir kritis siswa dalam bentuk essay. Data dianalisis menggunakan analisis one-way anova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan pemecahan masalah dan berpikir kritis siswa yang diajar dengan model pembelajaran guided inquiry menggunakan media PhET lebih baik daripada siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional, model pembelajaran guided inquiry menggunakan media PhET memiliki pengaruh terhadap keterampilan pemecahan masalah dan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran fisika, dan terdapat hubungan antara keterampilan pemecahan masalah dan berpikir kritis siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 530.071 2 Sit p |
Keywords: | guided inquiry; keterampilan pemecahan masalah; berpikir kritis; media PhET |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 27 Sep 2017 09:31 |
Last Modified: | 27 Sep 2017 03:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26663 |