EFEK MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) BERBANTUAN MACROMEDIA MEDIA FLASH DAN ADVERSITY QUOTIENT (AQ) TERHADAP PENGETAHUAN KONSEPTUAL SISWA

Yulianda, Maya (2017) EFEK MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) BERBANTUAN MACROMEDIA MEDIA FLASH DAN ADVERSITY QUOTIENT (AQ) TERHADAP PENGETAHUAN KONSEPTUAL SISWA. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 8156175017 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 8156175017 COVER.pdf - Published Version

Download (120kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 8156175017 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 8156175017 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (344kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8156175017 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8156175017 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8156175017 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8156175017 PREFACE.pdf - Published Version

Download (224kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8156175017 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8156175017 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (247kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8156175017 TABLE.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8156175017 TABLE.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8156175017 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8156175017 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8156175017 APPENDICS.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8156175017 APPENDICS.pdf - Published Version

Download (257kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 8156175017 CHAPTER  I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 8156175017 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8156175017 CHAPTER  V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8156175017 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 8156175017 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 8156175017 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (311kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pengetahuan konseptual siswa menggunakan model kelompok kooperatif tipe GI berbantuan macromedia flash lebih baik daripada pengetahuan konseptual siswa dengan pembelajaran konvensional, untuk mengetahui apakah pengetahuan konseptual siswa antara siswa yang memiliki AQ diatas rata-rata lebih baik daripada siswa yang memiliki AQ dibawah rata-rata; serta untuk melihat apakah terdapat interaksi antara model kooperatif tipe GI berbantuan macromedia flash dengan AQ terhadap hasil pengetahuan konseptual siswa. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimen dengan group pretest-postest design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMAN 5 Langsa. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling sebanyak dua kelas, dimana kelas pertama diajarkan model pembelajaran kooperatif tipe GI berbantuan macromedia flash dan kelas kedua dengan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes pengetahuan konseptual dan AQ yang telah divalidkan. Data dianalisis dengan ANAVA dua jalur mengunakan SPSS . Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan konseptual siswa menggunakan model kooperatif tipe GI berbantuan macromedia flash lebih baik daripada pembelajaran konvensional. Pengetahuan konseptual siswa dengan AQ diatas rata-rata menunjukkan hasil yang lebih baik daripada siswa dengan AQ dibawah rata-rata. Terdapat interaksi antara model pembelajaran kooperatif tipe GI berbantuan macromedia flash dan AQ terhadap pengetahuan konseptual. Interaksi ini meninjukkan pengetahuan konseptual dominan pada model pembelajaran kooperatif tipe GI berbantuan macromedia flash pada kelompok yang mempunyai AQ diatas rata-rata.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 530.071 Yul e
Keywords: Pembelajaran kooperatif tipe GI; AQ; Pengetahuan konseptual siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QC Physics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 27 Sep 2017 09:31
Last Modified: 27 Sep 2017 03:03
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26662

Actions (login required)

View Item
View Item