Maharani (2017) PENGARUH PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA SMP KELAS VII LANGSA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8136172051 COVER.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
2. NIM 8136172051 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (383kB) | Preview
3. NIM 8136172051 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
4. NIM 8136172051 PREFACE.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
5. NIM 8136172051 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (267kB) | Preview
6. NIM 8136172051 TABLES.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
7. NIM 8136172051 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
8. NIM 8136172051 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (410kB) | Preview
12. NIM 8136172051 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (315kB) | Preview
13. NIM 8136172051 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (298kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah dan kecerdasan emosional antara siswa yang diberi pembelajaran biasa dan PMR. (2)
untuk mengetahui apakah terdapat interaksi yang signifikan antara pembelajaran matematika (biasa, PMR) dengan kemampuan awal matematika terhadap kemampuan pemecahan masalah dan kecerdasan emosional siswa. (3)
menganalisis proses jawaban siswa dalam menyelesaikan tes kemampuan pemecahan masalah. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Kemudian secara acak dipilih dua kelas. Kelas eksperimen 1 diberi pembelajaran dengan pendekatan matematika realistik dan kelas eksperimen 2 dengan pendekatan pembelajaran biasa. Instrumen yang digunakan terdiri dari : tes kemampuan pemecahan masalah dan tes kecerdasan emosional. Analisis data dilakukan dengan Uji Analisis Regresi dan Anova Dua Jalur. Berdasarkan hasil analisis tersebut diperoleh hasil penelitian yaitu: (1) Terdapat perbedaan pengaruh
yang signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah dan kecerdasan emosional antara siswa yang diberi pembelajaran biasa dan PMR. (2) Tidak terdapat interaksi yang signifikan antara pembelajaran matematika (biasa, PMR) dengan kemampuan awal matematika terhadap kemampuan pemecahan masalah dan kecerdasan emosional siswa. (3) Proses penyelesaian jawaban siswa pada tes kemampuan pemecahan masalah lebih baik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 2 Mah p |
Keywords: | Pendekatan matematika realistik; Kemampuan pemecahan masalah; Kecerdasan emosional siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 27 Sep 2017 09:31 |
Last Modified: | 27 Sep 2017 02:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26659 |