Parinduri, Novida Sari (2017) PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH DITINJAU DARI PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN KOLOID. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4132131018 COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. NIM. 4132131018 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
3. NIM. 4132131018 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
4. NIM. 4132131018 PREFACE.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
5. NIM. 4132131018 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (249kB) | Preview
6. NIM. 4132131018 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
7. NIM. 4132131018 TABLES.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
8. NIM. 4132131018 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
9. NIM. 4132131018 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (346kB) | Preview
13. NIM. 4132131018 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
14. NIM. 4132131018 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan hasil belajar siswa dan aspek kognitif manakah yang lebih dominan dari model Problem Based Learning dan kooperatif tipe Think Pair Share menggunakan media Macromedia Flash pada materi koloid. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA/SMK. Sampel yang digunakan pada penelitian ini diambil secara purpossif sampling sebanyak dua kelas. Masing-masing kelas terdiri dari 30 siswa. Instrumen tes yang valid sebanyak 24 soal dengan reliabilitas 0,79. Berdasarkan hasil uji persyaratan data, diketahui bahwa data hasil pretest, posttest dan gain pada kelas eksperimen I dan eksperimen II berdistribusi normal dan homogen. Sedangkan untuk uji hipotesis harga thitung > -t α dan thitung < t α (1,51 > -2,0147 dan 1,51 < 2,0417) dan berada pada daerah kritis, maka Ho ditolak Ha diterima yaitu terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model Problem Based Learning dan kooperatif tipe Think Pair Share menggunakan media Macromedia Flash pada materi koloid. Aspek kognitif yang lebih dominan pada model Problem Based Learning materi koloid yaitu C3 sebesar 91,94% serta aspek kognitif pada model kooperatif tipe Think Pair Share yaitu C2 sebesar 82,72%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 KIM 085 |
Keywords: | macromedia flash; problem based learning; think pair share; koloid |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 19 Sep 2017 17:10 |
Last Modified: | 20 Sep 2017 02:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26552 |