Pangaribuan, Herbet (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN DASAR DAN PENGUKURAN LISTRIK KELAS X TITL SMK N 1 LUBUK PAKAM T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1.(5123131015) Cover.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
2.(5123131015) Surat persetujuan,pernyataan,pengesahan.pdf - Published Version
Download (560kB) | Preview
3.(5123131015) ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
4.(5123131015) KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
5.(5123131015) Datfar isi.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
6.(5123131015) Daftar tabel.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
7.(5123131015) Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
8.(5123131015) Bab 1.pdf - Published Version
Download (522kB) | Preview
12.(5123131015) Bab V.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
13.(5123131015) Daftar pustaka.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Advance Organizer terhadap hasil belajar siswa Dasar dan Pengukuran Listrik kelas X SMK N 1 Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 72 orang. Sampel dalam penelitian adalah siswa kelas X TITL 2 sebagai kelas eksperimen yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Advance Organizer dan kelas X TITL 1 sebagai kelas kontrol yang diajarkan dengan menggunakan model Konvensional.Istrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar adalah tes pilihan berganda dengan jumlah 25 soal. Dari hasil penelitian data pretes dengan rata-rata kelas eksperimen 35,97 dan kelas kontrol 36,52 dan hasil post tes kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata post test sebesar 75,69 dan standar deviasi 10,06 sedangkan nilai rata – rata postest kelas kontrol sebesar 53,88 dengan standar deviasi 12,02. Pada pengujian normalitas dan homogenitas diperoleh bahwa data pretest dan post test berdistribusi normal dan variannya homogen. Dari hasil uji beda nilai kedua kelas diperoleh t_hitung sebesar 8,19 dan t_tabel sebesar 2,01.Karena t_hitung > t_tabel atau 8,19 > 2,01 Ha diterima. Jadi berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh hasil belajar Dasar dan Pengukuran Listrik yang diajarkan model pembelajaran Advance Organizer pada siswa kelas X SMK N 1 Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2016/2017.