Rahmaini (2007) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KEMANDIRIAN TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA ARAB MAHASISWA FAKULTAS TARBIYAH IAIN SU MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
045020257 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (878kB) | Preview
045020257 Abstrak.pdf - Published Version
Download (498kB) | Preview
045020257 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (949kB) | Preview
045020257 Bab I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
045020257 Bab V.pdf - Published Version
Download (7MB)
045020257 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (571kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) hasil belajar Bahasa Arab antara mahasiswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran portofolio dan strategi ekspositori, (2) basil belajar Bahasa Arab antara mahasiswa dengan kemandirian tinggi dan kemandirian rendah dan (3) interaksi antara strategi pembelajaran dan kemandirian terhadap basil belajar Bahasa Arab.Populasi penelitian adalah mahasiswa semester 11 Jurusan Tadris Bahasa Inggris (TBI) Fakultas Tarbiyah IA1N SU Medan yang terdiri 4 kelas dengan jumlah mahasiswa 133 orang. Sampel penelitian ditetapkan kelas TBI-3 dilaksanakan pembelajaran portofolio dan kelas TBI-1 dilaksanakan pembelajaran strategi ekspositori. Teknik penarikan sampel dilakukan dengan cluster random sampling. Instrumen penelitian untuk. mengukur hasil belajar digunakan tes berbentuk pilihan ganda dengan 4 pilihan jawaban dengan jumlah soal sebanyak 37 dengan r = 0,440. Untuk menjaring data kemandirian siswa digunakan angket yang berjumlah 35 butir pernyataan dengan r = 0,160. Metode penelitian menggunakan metode quasi eksperimen dengan design penelitian faktorial 2 x 2. Teknik analisis data menggunakan anava dua jalur pada taraf signifikansi α = 0,05.Temuan penelitian menunjukkan bahwa : (1) basil belajar Bahasa Arab mahasiswa yang dibelajarkan dengan strategi portofolio (X = 24,8) lebih tinggi daripadabasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan strategi ekspositori (X = 23,7), denganFhitung= 333,26 > Ftabel = 3,996, (2) basil belajar Bahasa Arab mahasiswa dengankemandirian tinggi (X=28,2) lebih tinggi daripada hasil belajar mahasiswa dengankemandirian rendah ( X= 20,55), dengan Fhitung = 7,65 > Ftabel = 3,996. (3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan kemandirian terhadap basil belajar Bahasa Arab, melalui penghitungan statistik diketahui Fhitung = 73,87 > Ftabel = 3,996. Perhitungan uji lanjut dengan uji Scheffe juga menunjukkan perbedaan yang signifikan antara basil belajar mahasiswa yang dibelajarkan dengan strategi portofolio dengan strategi ekspositori demikian juga basil belajar Bahasa Arab mahasiswa dengan kemandirian tinggi dengan kemandirian rendah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 378.17 Rah p |
Keywords: | Hasil Belajar Mahasiswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 10 May 2016 18:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2646 |