Lumban Tobing, Hendro Marudut Tua (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DENGAN STRATEGI EVERYONE IS A TEACHER HERE TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI SMK SWASTA SATRIA DHARMA PERBAUNGAN T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7103142034 COVER.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
2. NIM 7103142034 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (361kB) | Preview
3. NIM 7103142034 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
4. NIM 7103142034 PREFACE.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
5. NIM 7103142034 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
6. NIM 7103142034 TABLES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM 7103142034 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM 7103142034 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM 7103142034 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
13. NIM 7103142034 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
14. NIM 7103142034 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi kelas XI SMK Swasta Satria Dharma Perbaungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan Model Pembelajaran Project Based Learning dengan Strategi Pembelajaran Everyone Is A Teacher Here lebih tinggi dibanding hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan Model Pembelajaran Konvensional pada siswa Kelas XI SMK Swasta Satria Dharma Perbaungan Tahun Ajaran 2016/2017.
Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Satria Dharma Perbaungan yang beralamat di Jl. Akasia No.8 Jambur Pulau, Perbaungan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Ak SMK Swasta Satria Dharma Perbaungan sebanyak 76 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik simple random sampling dimana sampel dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas.Kelas XI Ak 1 sebagai kelas eksperimen berjumlah 35 orang dan kelas XI Ak 2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 35 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes hasil belajar akuntansi dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal yang terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat Validitas, Reliabilitas, Tingkat Kesukaran Soal dan Daya Pembeda Soal. Teknik analisis data yang digunakan dengan menentukan nilai rata-rata, varians, menghitung uji normalitas, uji homegenitas, data yang sebelumnya dihitung terlebih dahulu nilai rata-rata, standar deviasi dan varians dari kedua kelas pengujian hipotesis dilakukan dengan uji t. Hasil analisis data yang diperoleh nilai rata-rata dengan kelas eksperimen pretest = 45,57; SD= 8,73 dan postes = 73,29 ; SD = 9,77. Sedangkan kelas kontrol pretes = 45,57; SD= 7,82 dan postest adalah =64,71; SD= 8,91. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t dengan α = 0,05 dari data perhitungan hipotesis thitung sebesar 4,007 sedangkan ttabel = 1,67. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu 4,007> 1,67 sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan Model Pembelajaran Project Based Learning dengan Strategi Pembelajaran Everyone Is A Teacher here lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas XI SMK Swasta Satria Dharma Perbaungan Tahun Ajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 AKT 081 |
Keywords: | Model Pembelajaran Project Based Learning; Strategi Pembelajaran Everyone Is A Teacher Here; Hasil Belajar Akuntansi |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 15 Sep 2017 15:28 |
Last Modified: | 18 Sep 2017 04:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26459 |