Situmorang, Tiur Mauli (2017) PENGARUH KONSELING KELOMPOK PENDEKATAN CLIENT CENTERED TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA KELAS VIII-1 SMP NEGERI 17 MEDAN T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1133351037_COVER.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
2. NIM. 1133351037_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (345kB) | Preview
3. NIM. 1133351037_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
4. NIM. 1133351037_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (261kB) | Preview
5. NIM. 1133351037_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
6. NIM. 1133351037_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM. 1133351037_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 1133351037_BAB I.pdf - Published Version
Download (498kB) | Preview
12. NIM. 1133351037_BAB V.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
13. NIM. 1133351037_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh layanan konseling kelompok pendekatan client-centered terhadap peningkatan keterampilan berkomunikasi Interpersonal siswa kelas VIII di SMP Negeri 17 Medan T.A 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April s/d Juni 2017. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif Eksperimen semu dengan jenis Pre test-post test one group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII-1. Sampel ditarik dengan menggunakan metode purposive sampling sebanyak 8 orang yang berasal dari kelas VIII-1 dengan sampel yang heterogen. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan angket keterampilan berkomunikasi interpersonal siswa berjumlah 27 item pernyataan yang telah valid dan reliabel kemudian data dianalisis menggunakan uji Wilcoxon. Dari analisis data diperoleh J hitung = 15 dengan a = 0,05, adapun J tabel = 4. Dari data tersebut terlihat bahwa Jhitung > JTabel dimana 15>4. Artinya hipotesis diterima. Data pre-test keterampilan berkomunikasi interpersonal siswa diperoleh skor rata-rata 73,5, sedangkan data post-test keterampilan berkomunikasi interpersonal siswa diperoleh skor rata-rata sebesar 87,25. Artinya skor rata-rata siswa setelah mendapat layanan konseling kelompok pendekatan client-centered lebih tinggi daripada sebelum mendapat layanan konseling kelompok pendekatan client-centered. Layanan konseling kelompok pendekatan client-centered memberikan kontribusi sebesar 18,70% terhadap peningkatan keterampilan berkomunikasi Interpersonal siswa di SMP Negeri 17 Medan 2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 BK 019 |
Keywords: | Konseling kelompok; Client-Centered; Keterampilan Berkomunikasi Interpersonal |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 15 Sep 2017 15:28 |
Last Modified: | 15 Sep 2017 10:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26458 |