Tarihoran, Wati Darisna (2017) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJARKAN DENGAN INKUIRI TERBIMBING (GUIDED INQUIRY) MENGGUNAKAN MEDIA VIRTUAL LAB DAN REAL LAB PADA POKOK BAHASAN KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4131131051 COVER.pdf.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
2. NIM. 4131131051 APPROVAL SHEET.pdf.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
3. NIM. 4131131051 ABSTRACT.pdf.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
4. NIM. 4131131051 PREFACE.pdf.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
5. NIM. 4131131051 TABLE OF CONTENT.pdf.pdf - Published Version
Download (30kB) | Preview
6. NIM. 4131131051 TABLE.pdf.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
7. NIM. 4131131051 ILLUSTRATION.pdf.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
8. NIM. 4131131051 APPENDICES.pdf.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
9. NIM. 4131131051 CHAPTER I.pdf.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
13. NIM. 4131131051 CHAPTER V.pdf.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
14. NIM. 4131131051 BIBLIOGRAPHY.pdf.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan yang signifikan antara model pembelajan inkuiri terbimbing (guided inquiry) dengan menggunakan media virtual lab dibandingkan media real lab terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan kelarutan dan hasil kali kelarutan di kelas XI IPA SMA Negeri 9 Medan. Sampel penelitian sebanyak dua kelas, yaitu kelas eksperimen I yang diberi perlakuan dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing menggunakan media virtual lab dan kelas eksperimen II diberi perlakuan dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing menggunakan media real lab. Penelitian ini menggunakan instrument test yang telah diujicobakan dan telah valid. Data hasil belajar siswa diuji normalitas dan homogenitasnya, hasil yang didapat kedua kelompok sampel homogen dan terdistribusi normal. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t-Dua Pihak dengan hasil penelitian pada taraf signifikansi 5% (α = 0,05) menunjukkan bahwa thitung > ttabel (2,849 > 2,0021) maka Ho ditolak. Dengan demikian terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model inkuiri terbimbing menggunakan media virtual lab dibandingkan media real lab pada pokok bahasan kelarutan dan hasil kali kelarutan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 KIM 083 |
Keywords: | Inkuiri Terbimbing; Virtual Lab; Real Lab dan Hasil Belajar Siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 15 Sep 2017 15:27 |
Last Modified: | 15 Sep 2017 09:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26454 |