Dewi, Alfiana (2017) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIK DI MTS SWASTA CERDAS MURNI TEMBUNG. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM. 4131111001 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
2 NIM. 4131111001 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
3 NIM. 4131111001 BIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
4 NIM. 4131111001 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
5 NIM. 4131111001 PREFACE.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
6 NIM. 4131111001 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
7 NIM. 4131111001 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
8 NIM. 4131111001 TABLE.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
9 NIM. 4131111001 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
10 NIM. 4131111001 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (421kB) | Preview
14 NIM. 4131111001 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
15 NIM. 4131111001 BIBILIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (339kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan keefektifan perangkat pembelajaran yang dikembangkan melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD, (2) mendeskripsikan peningkatan kemampuan representasi matematik siswa yang diberi pembelajaran berbasis model pembelajaran kooperatif tipe STAD menggunakan perangkat yang dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada model Thiagarajan, Semmel dan Semmel yaitu model 4-D (define, design, develop dan disseminate). Karena keterbatasan peneliti, penelitian yang dilakukan hingga tahap develop. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-B pada Uji Coba I dan siswa kelas VII-A pada Uji Coba II di MTs. Swasta Cerdas Murni. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar penilaian RPP dan LKS untuk mengukur kevalidan, tes kemampuan representasi matematik, dan angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) perangkat pembelajaran yang dikembangkan telah memenuhi kriteria keefektifan dengan: a) ketuntasan belajar secara klasikal telah melebihi batas minimal yaitu pada uji coba I sebesar 80% dan pada uji coba II sebesar 95%, b) ketercapaian indikator/ketuntasan tujuan pembelajaran telah tercapai untuk setiap indikator pada uji coba I dan uji coba II, c) respon siswa terhadap pembelajaran positif pada uji coba I dan pada uji coba II, (2) kemampuan representasi matematik siswa mengalami peningkatan yaitu persentase rata-rata kemampuan representasi matematik pada uji coba I sebesar 87% meningkat sebesar 3% menjadi 90% pada uji coba II dan banyak siswa yang tuntas pada uji coba I 80% meningkat sebesar 15% menjadi 95% pada uji coba II; dan (3) karakteristik perangkat pembelajaran berupa LKS yang efektif antara lain: a) memuat masalah kontekstual yang responsif terhadap budaya anak, b) tidak menggunakan kalimat panjang, c) memuat gambar, dan d) jawaban permasalahan pada LKS tidak harus tunggal. Secara keseluruhan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perangkat perangkat pembelajaran berupa RPP dan LKS yang dikembangkan adalah efektif dalam meningkatkan kemampuan representasi matematik siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 MAT 121 |
Keywords: | Pengembangan Perangkat Pembelajaran; Berbasis Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD; Kemampuan Representasi Matematik |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 15 Sep 2017 10:36 |
Last Modified: | 15 Sep 2017 08:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26434 |