PENINGKATAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING PADA SISWA KELAS XI IPS DI SMAN 11 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017

Rahman, Fauziah (2017) PENINGKATAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING PADA SISWA KELAS XI IPS DI SMAN 11 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 7133342057_COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 7133342057_COVER.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 7133342057_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 7133342057_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (244kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 7133342057_KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 7133342057_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (293kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 7133342057_ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 7133342057_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 7133342057_DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 7133342057_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 7133342057_DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 7133342057_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 7133342057_DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 7133342057_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 7133342057_DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 7133342057_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 7133342057_BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 7133342057_BAB I.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 7133342057_BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 7133342057_BAB V.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 7133342057_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 7133342057_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (239kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Rendahnya kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMAN 11 Medan”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dengan menerapkan model pembelajaran Creative Problem Solving dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas XI IPS SMAN 11 Medan. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 11 Medan yang berlokasi di JL. Pertiwi no 93 Medan. Sebjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1 dengan jumlah 35 orang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana tiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Sedangkan teknik analisis data adalah dengan data kualitatif dan data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pre-test sebelum diadakannya tindakan pada siklus I adalah 62 dimana 37,1% siswa yang memenuhi standar ketuntasan belajar. Setelah diadakannya tindakan siklus I nilai rata-rata 70,85 dengan 60% siswa yang telah mencapai standar ketuntasan belajar dan setelah diadakannya siklus II nilai rata-rata mengalami peningkatan menjadi 81,4 dengan 85,7% siswa yang tuntas. Untuk kemampuan berpikir kritis siswa juga menunjukkan peningkatan dari 39% pada siklus I menjadi 80% pada siklus II. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Creative Problem Solving pada materi jurnal penutup dan jurnal pembalik di kelas XI IPS I SMAN 11 Medan T.P 2016/2017 membuktikan adanya peningkatan berpikir kritis dan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 AKT 080
Keywords: Berpikir Kritis; Hasil Belajar; Creative Problem Solving
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 15 Sep 2017 10:35
Last Modified: 15 Sep 2017 04:03
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26423

Actions (login required)

View Item
View Item