Ginting, Wyman Julio (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X IPS SMA NEGERI 1 DELITUA T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7131141126 COVER.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
2. NIM 7131141126 APROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (382kB) | Preview
3. NIM 7131141126 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
4. NIM 7131141126 PREFACE.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
5. NIM 7131141126 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
6. NIM 7131141126 TABLES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM 7131141126 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM 7131141126 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM 7131141126 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
13. NIM 7131141126 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
14. NIM 7131141126 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar ekonomi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan antara Model Pembelajaran Problem Based Learning menggunakan Pendekatan Konstruktivisme dengan Metode Konvensional terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X IPS SMA Negeri 1 Delitua T.P 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Delitua yang beralamat di Jalan Pendidikan No.1 Delitua. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPS SMA Negeri 1 Delitua yang berjumlah 155 siswa. Sampel yang digunakan 2 kelas, yakni X IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan X IPS 2 sebagai kelas kontrol, masing-masing berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes pilihan berganda sebanyak 20 item tes. Teknik analisis data melalui uji normalitas menggunakan Kolmogorov Smirnovs, homogenitas menggunakan uji F dan uji hipotesis Uji hipotesis dengan uji t dengan kriteria terima hipotesis apabila menunjukkan t > t pada α = 0,05 serta analisis data N-gain untuk melihat perbedaan hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata pretest siswa kelas eksperimen = 44,7 dengan SD = 9,6 dan nilai rata-rata posttest siswa setelah menggunakan model pembelajaran PBL dengan pendekatan konstruktivisme = 82,7 dengan SD = 9,53. Sedangkan rata-rata pretest siswa kelas kontrol = 45 dengan SD = 9,23 dan nilai rata-rata posttest = 61,2 dengan SD= 9,35. Dari hasil analisis data yang diperoleh bahwa data hasil belajar berdistribusi normal (Dmax hitung < Dtabel) dan homogen (Fhitung< Ftabel) untuk uji hipotesis diperoleh thitung = 8,811 dan ttabel = 2,0021. Maka hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu 8,811 > 2,0021 yang berarti hipotesis diterima. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa siswa yang belajar melalui model pembelajaran PBLdengan Pendekatan Konstruktivisme memiliki nilai rata-rata N-Gain yang lebih tinggi yaitu 0,69 dibandingkan dengan siswa yang belajar melalui metode konvensional yaitu 0,31. Dengan demikian dapat disimpulkan terdapat perbedaan yang signifikan antara model pembelajaran Problem Based Learning menggunakan Pendekatan Konstruktivisme dengan Metode Konvensional terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X IPS SMA Negeri 1 Delitua T.P 2016/2017. Perbedaan N-Gain yang besar ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang besar dari penerapan model pembelajaran PBL dengan Pendekatan Konstruktivisme terhadap hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 EKO 071 |
Keywords: | Problem Based Learning; Pendekatan Konstruktivisme; Hasil Belajar Ekonomi |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 12 Sep 2017 14:54 |
Last Modified: | 14 Sep 2017 02:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26362 |