Panggabean, Trisha P. (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AK SMK NEGERI 1 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7133342013 COVER.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
2. NIM 7133342013 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
3. NIM 7133342013 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (312kB) | Preview
4. NIM 7133342013 PREFACE.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
5. NIM 7133342013 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
6. NIM 7133342013 TABLES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM 7133342013 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM 7133342013 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM 7133342013 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
13. NIM 7133342013 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (248kB) | Preview
14. NIM 7133342013 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (256kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas X Ak-2 SMK Negeri 1 Medan melalui penerapan model pembelajaran Problem Solving dengan pendekatan Scientific. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Medan yang beralamat di Jln. Sindoro No. 1 Ps. Pasar, Medan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Ak-2 dengan jumlah siswa 37 orang dan objek penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Problem Solving dengan pendekatan Scientific untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa. Hasil analisis data diperoleh bahwa pada siklus I keaktifan siswa secara klasikal sebesar 59,45% (22 siswa). Pada siklus II, keaktifan siswa secara klasikal meningkat menjadi 81,08% (30 siswa), hasil ini telah memenuhi indikator keberhasilan aktivitas belajar, yakni ≥ 70% siswa dalam kelas telah mencapai kategori aktif. Hasil pretest diperoleh 40,54% (15 siswa) yang tuntas. Pada postest siklus I diperoleh 70,27% (26 siswa) yang tuntas. Pada postest siklus II meningkat menjadi 89,18% (33 siswa) yang tuntas. Hasil postest siklus II telah memenuhi indikator keberhasilan hasil belajar, yakni ≥80% siswa dalam kelas telah mencapai daya serap ≥ 75. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Solving dengan pendekatan Scientific dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas X Ak-2 SMK Negeri 1 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017 pada materi pokok Jurnal Penyesuaian.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 AKT 074 |
Keywords: | Aktivitas Belajar; Hasil Belajar; Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving dengan Pendekatan ScientificL |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 12 Sep 2017 14:54 |
Last Modified: | 13 Sep 2017 08:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26356 |