Dalimunthe, Gepi Dianissa (2017) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH DI SMA SWASTA UISU MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM 4133341022 COVER_docx.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
2 NIM 4133341022 LEMBAR PENGESAHAN_docx.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
3 NIM 4133341022 RIWAYAT HIDUP_docx.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
4 NIM 4133341022 ABSTRAK_docx.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
5 NIM 4133341022 KATA PENGANTAR_docx.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
6 NIM 4133341022 DAFTAR ISI_docx.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
7 NIM 4133341022 DAFTAR GAMBAR_docx.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
8 NIM 4133341022 DAFTAR TABEL_docx.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
9 NIM 4133341022 DAFTAR LAMPIRAN_docx.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
10 NIM 4133341022 BAB I_docx.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
14 NIM 4133341022 BAB V_docx.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
15 NIM 4133341022 DAFTAR PUSTAKA_docx.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kesesuaian RPP yang disusun guru biologi dengan RPP berbasis kurikulum 2013 (2) kesesuaian pelaksanaan pembelajaran biologi berbasis pendekatan saintifik dengan RPP; (3) penerapan pengalaman belajar pendekatan saintifik pada pembelajar biologi; (4) pengalaman belajar pendekan saintifik yang masih mengalami kendala (tidak dominan) pada penerapan pendekatan saintifik pada pembelajaran biologi dan (5) solusi dalam memecahkan kendala penerapan pengalaman belajar pendekatan saintifik pada pembelajaran biologi di SMA Swasta UISU Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah guru biologi kelas X dan XI di SMA Swasta UISU Medan yang berjumlah 2 orang dan 111 siswa kelas X dan XI SMA Swasta UISU Medan. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 2 orang guru biologi dan 98 siswa. Data penelitian diambil dari hasil observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) kesesuaian RPP yang disusun guru biologi dengan RPP kurikulum 2013 tergolong dalam kategori baik dengan presentase sebesar 87,63% (2) kesesuaian pelaksanaan pembelajaran biologi dengan RPP tergolong dalam kategori cukup sesuai dengan presentase sebesar 74,51%; (3) penerapan pengalaman belajar pendekatan saintifik secara keseluruhan yang dilakukan siswa tergolong kurang dengan presentase 48% dengan pengalaman belajar yang dominan dilakukan pada pembelajaran biologi adalah mengamati dengan presentase 81% dengan bentuk-bentuk pengalaman belajar berupa membaca, mendengar, menyimak dan melihat; (4) Pengalaman belajar pendekatan saintifik yang tidak dominan pada pembelajaran biologi adalah mengasosiasi tergolong dalam kategori kurang dengan presentase 7%; (5) Solusi untuk mengatasi kendala memberikan latihan kepada siswa untuk memecahkan masalah dan memberikan argumen; menggunakan media pembelajaran; memberikan reward dan menyediakan referesnsi belajar untuk siswa; melakukan diskusi teman sejawat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 BIO 095 |
Keywords: | pendekatan saintifik; pembelajaran biologi; SMA |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 12 Sep 2017 12:01 |
Last Modified: | 13 Sep 2017 09:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26337 |