Hutajulu, Icha Sri Dewi (2017) PERBEDAAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DFENGAN MAKE A MATCH PADA MATERI SISTEM PERTAHANAN TUBUH PADA MANUSIA DI SMA SWASTA ERIA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4133341019 COVER.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
2. NIM 4133341019 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (300kB) | Preview
3. NIM 4133341019 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
4. NIM 4133341019 PREFACE.pdf - Published Version
Download (263kB) | Preview
5. NIM 4133341019 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
6. NIM 4133341019 LIST OF IMAGE.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
7. NIM 4133341019 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
8. NIM 4133341019 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
9. NIM 4133341019 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (268kB) | Preview
13. NIM 4133341019 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
14. NIM 4133341019 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dan aktivitas siswa dengan menggunakan model TPS (Think Pair Share) dan MaM (Make a Match) pada materi sistem pertahanan tubuh manusia di kelas XI IPA SMA Swasta Eria Medan tahun pembelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Populasi penelitian terdiri dari 2 kelas dengan jumlah siswa 86 orang dan teknik pengambilan sampel dengan random sampling, dimana kelas XI IPA 1 (kelas TPS) sebanyak 43 orang, dan kelas XI IPA 2 (kelas MaM) sebanyak 43 orang. Alat pengumpulan data adalah tes yang berbentuk soal pilihan berganda terdiri dari 33 butir soal dan lembar observasi 4 item. Dari hasil uji persyaratan analisis data, populasi berdistribusi normal dan memiliki varians yang seragam (homogen). Berdasarkan analisis data bahwa nilai rata-rata hasil belajar model pembelajaran TPS sebesar 79,84 dengan SD 5,33 dan hasil belajar model MaM sebesar 74,98 dengan SD 5,7. Hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t pada taraf signifikan 0,05, dapat disimpulkan ada perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan pembelajaran model kooperatif TPS dengan MaM pada materi sistem pertahanan tubuh manusia di kelas XI IPA SMA Swasta Eria Medan tahun pembelajaran 2016/2017. Selain itu ditemukan juga perbedaan peningkatan aktivitas siswa dengan pembelajaran model kooperatif TPS dan MaM sebesar 2,3 , kelas TPS (66,7) lebih tinggi daripada kelas MaM (64,4). Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan aktivitas belajar siswa dengan pembelajaran model kooperatif TPS dengan MaM pada materi sistem pertahanan tubuh manusia di kelas XI IPA SMA Swasta Eria Medan tahun pembelajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 BIO 103 |
Keywords: | Hasil Belajar; Aktivitas Siswa; Model TPS; Model MaM |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 12 Sep 2017 11:59 |
Last Modified: | 13 Sep 2017 09:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26330 |