Marbun, Tirodiah (2007) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI INTRINSIK TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA ARAB SISWA MADRASAH TSANAWAIAH AL-KAUTSAR AL-AKBAR MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
045020263 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (553kB) | Preview
045020263 Abstrak.pdf - Published Version
Download (518kB) | Preview
045020263 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
045020263 Bab I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
045020263 Bab V.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
045020263 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (563kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: pengaruh strategi terhadap hasil belajar Bahasa siswa, pengaruh motivasi intrinsik terhadap hasil belajar bahasa arab, dan interaksi antara strategi pembelajaran dan motivasi intrinsik terhadap hasil belajar Bahasa Arab siswa.Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 160 orang yang diambil dari 4 kelas VII MTs Al-Kautsar Al¬Akbar. Sedangkan sampel berjumlah 40 orang yang diambil dari 2 kelas dengan menggunakan cluster random sampling. Sebelum perlakuan diberikan terlebih dahulu sampel penelitian diberikan angket motivasi intrinsik untuk mengetahui tingkat motivasi intrinsik yang dimiliki oleh siswa. Tes hasil belajar Bahasa Arab digunakan untuk menjaring data penelitian guna menguji hipotesis penelitian yang sebelumnya tes terlebih dahulu diujicoba untuk mengetahui tingkat validitas dan reliabilitasnya. Hasil uji coba penelitian menunjukkan tes hasil belajar memiliki koefisien reliabilitas 0,886 dan instrumen motivasi intrinsik memililiki koefisien relibilitas 0,911. Statistik yang digunakan dalam penelitian adalah statistik deskriptif untuk menyajikan data dan statistik inferensial untuk menguji hipotesis penelitian. Hipotesis penelitian diuji dengan menggunakan Anava 2 jalur dan sebelum digunakan terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis data yaitu uji normalitas menggunakan uji Lilliefors dan uji homogenitas varians menggunakan uji F dan uji Bartlet. Uji Tuckey digunakan untuk menganalisis hipotesislebih lanjut.Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar bahasa arab antara siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran konstruktivis dan konvensional. Hal ini ditunjukkan oleh Fhitung = 6,08 > Ftabel = 3,97 pada taraf signifikan α = 0,05 dengan dk = (1,79). Terdapat perbedaan basil belajar bahasa arab antara siswa yang memiliki motivasi intrinsik tinggi dan rendah. Hal ini ditunjukkan oleh Fhitung = 60,34 > Ftabel = 3,97 pada taraf signifikan α= 0,05 dengan dk = (1,79), dan terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan motivasi intrinsik terhadap hasil belajar Bahasa Arab siswa. Hal ini ditunjukkan oleh Fhitung = 28,92 > Ftabel = 3,97 pada taraf signifikan α = 0,05 dengan dk = (1,79). Berdasarkan hasil penelitian ini, maka diharapkan kepada guru-guru Bahasa Arab untuk meningkatkan kemampuan mengelola dan merencanakan pembelajaran serta mampu menelaah motivasi intrinsik siswa agar pembelajaran yang dirancang dapat meningkatkan basil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 373.028 4 Mar p |
Keywords: | Hasil Belajar; Bahasa Arab; Motivasi Intrinsik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 22 Apr 2016 02:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2631 |