PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DI KELAS VII MTS MIFTAHUSSALAM TAHUN AJARAN 2016/2017

Lubis, Muhammad Ashari (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DI KELAS VII MTS MIFTAHUSSALAM TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1.NIM 4131111023 Cover.pdf]
Preview
Text
1.NIM 4131111023 Cover.pdf - Published Version

Download (78kB) | Preview
[thumbnail of 2.NIM 4131111023 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2.NIM 4131111023 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (237kB) | Preview
[thumbnail of 3.NIM 4131111023 RIWAYAT HIDUP.pdf]
Preview
Text
3.NIM 4131111023 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[thumbnail of 4.NIM 4131111023 Abstrak.pdf]
Preview
Text
4.NIM 4131111023 Abstrak.pdf - Published Version

Download (157kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4131111023 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4131111023 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (278kB) | Preview
[thumbnail of 6.NIM 4131111023 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
6.NIM 4131111023 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (251kB) | Preview
[thumbnail of 7.NIM 4131111023 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7.NIM 4131111023 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[thumbnail of 8.NIM 4131111023 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
8.NIM 4131111023 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[thumbnail of 9.NIM 4131111023 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
9.NIM 4131111023 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (192kB) | Preview
[thumbnail of 10.NIM 4131111023 BAB I.pdf]
Preview
Text
10.NIM 4131111023 BAB I.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 14.NIM 4131111023 BAB V.pdf]
Preview
Text
14.NIM 4131111023 BAB V.pdf - Published Version

Download (149kB) | Preview
[thumbnail of 15.NIM 4131111023 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
15.NIM 4131111023 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (272kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui Penerapan model pembelajaran Berbasis Masalahyang dapat meningkatkan komunikasi matematis siswa pada materi segiempat di kelas VII Mts Miftahussalam Medan, (2) Mengetahui peningkatan komunikasi matematis siswa-siswa kelas VII Mts Miftahussalam Medan setelah diterapkannya model pembelajaran Berbasis Masalah pada materi segiempat, (3) Mengetahui peningkatan hasil belajar siswa-siswa kelas VII Mts Miftahussalam Medan setelah diterapkannya model pembelajaran Berbasis Masalah pada materi segiempat. Subjek penelitian yaitu siswa kelas VII-C MTs Miftahussalam Medan yang berjumlah 42 siswa. Objek penelitian adalah upaya meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah pada materi segiempat di kelas VII-C MTs Miftahussalam Medan Tahun Pelajaran 2016/2017. Pada pemberian tindakan pada siklus I melalui pemberian tes kemampuan komunikasi matematis I diperoleh 23 siswa (54,76%) dari 42 siswa telah mencapai ketuntasan belajar (nilainya 70). Setelah tindakan II, melalui pemberian tes komunikasi matematis II diperoleh 38 siswa (90,47%) dari 42 siswa yang telah mencapai ketuntasan belajar (nilainya 70). Terjadi peningkatan persentase ketuntasan klasikal sebesar 35,71%. Berdasarkan kriteria ketuntasan klasikal maka persentase ketuntasan ini sudah memenuhi. Pada pemberian tindakan pada siklus I melalui pemberian tes kemampuan komunikasi matematis siswa untuk setiap indikator pada siklus I : pada aspek representasi, skor rata-rata siswa adalah 65,87% , dengan hasil indikator pertama pada aspek representasi siswa ada 31 siswa (73,80%), pada indikator kedua aspek representasi siswa yang berkemampuan cukup ada 29 siswa (69,04%), dan pada indikator ketiga aspek representasi ada 23 siswa (54,76%). Pada aspek menulis ada 29 siswa (69,04%) yang memiliki kemampuan sedang. Pada aspek menulis ada 29 siswa (69,04%) dan pada aspek mendengar 2.3, pada aspek membaca 2.0 dan pada aspek diskusi 2.3 dalam kategori cukup. Dan pada siklus II terjadi peningkatan seperti berikut : Pada aspek representasi, skor rata-rata siswa adalah 85,71% , dengan hasil indikator pertama pada aspek representasi siswa ada 41 siswa (97,61%), pada indikator kedua aspek representasi siswa yang berkemampuan cukup ada 39 siswa (92,85%), dan pada indikator ketiga aspek representasi ada 28 siswa (66,66%). Pada aspek menulis ada 41 siswa (97,61%) pada aspek mendengar 3.6, pada aspek membaca 3.2 dan pada aspek diskusi 3.6 dalam kategori sangat baik. Berdasarkan uraian-uraian di atas disimpulkan komunikasi matematis siswa meningkat dengan model pembelajaran berbasis masalah pada materi segiempat di kelas VII-C MTs Miftahussalam Medan Tahun Ajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 MAT 075
Keywords: Pembelajaran berbasis masalah; Belajar matematika; Hasil belajar siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 12 Sep 2017 09:38
Last Modified: 12 Sep 2017 02:40
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26298

Actions (login required)

View Item
View Item