Sirait, Febry Astika Susan Br. (2017) PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK-PAIR-SHARE (TPS) DAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) BERBANTUAN GEOGEBRA PADA MATERI TRANSFORMASI DI KELAS XI SMA NEGERI 7 MEDAN T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4131111013 Cover.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
2. NIM 4131111013 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
3. NIM 4131111013 Riwayat Hidup.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
4. NIM 4131111013 Abstrak.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
5. NIM 4131111013 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
6. NIM 4131111013 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
7. NIM 4131111013 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
8. NIM 4131111013 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
9. NIM 4131111013 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
10. NIM 4131111013 BAB I.pdf - Published Version
Download (482kB) | Preview
14. NIM 4131111013 BAB V.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
15. NIM 4131111013 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperiman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah matematik siswa yang diajar dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) berbantuan Geogebra lebih baik daripada siswa yang diajar dengan kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) berbantuan Geogebra pada materi Transformasi di kelas XI SMA Negeri 7 Medan T.A. 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 7 Medan semester genap, yang terdiri dari 9 kelas pararel. Sedangkan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah siswa sebanyak dua kelas, yaitu kelas XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen A sebanyak 39 orang dan kelas XI IPA 6 sebagai kelas eksperimen B sebanyak 39 orang. Kelas eksperimen A menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) dan kelas eksperimen B menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD). Untuk memperoleh data yang diperlukan dalam penelitian ini digunakan essay test sebanyak 5 soal dan telah dinyatakan valid oleh tim ahli. Hasil Uji validitas dengan rtabel = 0,316 diperoleh bahwa soal tersebut valid dari 5 soal. Dan hasil uji reliabilitas pada soal yang diberikan diperoleh sebesar 0,81. Sebelum pengujian hipotesis, terlebih dahulu diuji normalitas dan homogenitas data. Dari pengujian ini diperoleh bahwa sampel berasal dari populasi yang berdistribusi normal dan memiliki varians yang homogen. Dari analisis data pada kelas eksperimen A diperoleh nilai rata-rata pre test 43,33 dan simpangan baku pre test 8,66 sedangkan nilai rata-rata post test 83,13 dan simpangan baku post test 10,35. Pada kelas eksperimen B diperoleh nilai rata-rata pre test 40,97 dan simpangan baku pre test 8,84 sedangkan nilai rata-rata post test 75,33 dan simpangan baku post test 11,64. Dari analisis data post test dengan menggunakan uji-t pada taraf = 0,05 diperoleh thitung = 3,13 dan ttabel = 1,662 yang ternyata thitung > ttabel yaitu, 3,13 > 1,662 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematik siswa yang diajar dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) berbantuan Geogebra lebih baik daripada siswa yang diajar dengan kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) berbantuan Geogebra pada materi Transformasi di kelas XI SMA Negeri 7 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 MAT 073 |
Keywords: | Pembelajaran matematika; Kemampuan pemecahan matematika; Model pembelajaran kooperatif |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 12 Sep 2017 09:36 |
Last Modified: | 12 Sep 2017 03:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26274 |