Prasila, Dinda (2017) PENGEMBANGAN MODUL KIMIA TERINTEGRASI NILAI-NILAI ISLAMI PADA POKOK BAHASAN KESETIMBANGAN KIMIA DAN ASAM BASA UNTUK SISWA SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4133131012 COVER. pdf.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
2. NIM. 4133131012 APPROVAL SHEET.pdf.pdf - Published Version
Download (377kB) | Preview
3. NIM. 4133131012 ABSTRACT.pdf.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
4. NIM 4133131012 PREFACE.pdf.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
5. NIM. 4133131012 TABLE OF CONTENT.pdf.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
6. NIM. 4133131012 TABLES.pdf.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
7. NIM. 4133131012 ILLUSTRATION.pdf.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
8. NIM. 4133131012. APPENDICES.pdf.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
9. NIM. 4133131012 CHAPTER I.pdf.pdf - Published Version
Download (308kB) | Preview
13. NIM. 4133131012 CHAPTER V.pdf.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
14. NIM. 4133131012 BIBLIOGRAPHY.pdf.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
Abstract
Penelitian pengembangan modul kimia terintegrasi nilai-nilai Islami bertujuan untuk (1) mengetahui nilai-nilai Islami dalam materi ajar pada buku kimia SMA, (2) mengetahui kualitas dan kelayakan modul kimia SMA terintegrasi nilai-nilai Islami pada pokok bahasan kesetimbangan kimia dan asam basa berdasarkan BSNP dan berdasarkan nilai-nilai Islami, (3) mengetahui respon guru kimia mahasiswa kimia terhadap modul kimia SMA terintegrasi nilai-nilai Islami pada pokok bahasan kesetimbangan kimia dan asam basa. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R and D), melalui tahap analisis, tahap rancangan dan tahap pengembangan. Tahap analisis dimulai penentuan buku kimia yang dipergunakan di sekolah. Buku diidentifikasi oleh peneliti untuk melihat apakah terdapat nilai-nilai Islami dalam buku. Selanjutnya tahap rancangan modul kimia dengan mengintegrasikan nilai-nilai Islami. Tahap pengembangan dimulai dengan menguji kelayakan modul kimia dengan instrumen angket BSNP oleh 3 orang dosen kimia UNIMED dan 3 orang guru kimia mendapatkan skor 3,378 yang berarti valid dan tidak perlu direvisi. Rancangan modul kimia hasil pengembangan dibagikan kepada 3 guru kimia dan 15 mahasiswa untuk meminta pandangan terhadap modul kimia dengan menggunakan angket yang telah disediakan oleh peneliti dan mendapat skor 3,51 yang berarti mendapat respon positif. Dari hasil penilaian diperoleh nilai yang valid yang berarti modul kimia layak untuk digunakan dan mendapat tanggapan yang positif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 KIM 061 |
Keywords: | modul pembelajaran; nilai-nilai Islami; BSNP |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 11 Sep 2017 17:06 |
Last Modified: | 12 Sep 2017 02:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26263 |