Sihombing, Riah Irawati (2017) ANALISIS MISKONSEPSI BUKU TEKS BIOLOGI SMA KELAS X PADA MATERI EKOSISTEM DAN MATERI EUBACTERIA BERBASIS KURIKULUM 2013 DI KOTA KISARAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4133341007 COVER.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
2. NIM 4133341007 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (297kB) | Preview
3. NIM 4133341007 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
4. NIM 4133341007 ACKNOWLEDGMENT.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
5. NIM 4133341007 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
6. NIM 4133341007 TABLES.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
7. NIM 4133341007 APPENDICS.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM 4133341007 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (269kB) | Preview
12. NIM 4133341007 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
13. NIM 4133341007 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya miskonsepsi buku teks biologi pada materi ekosistem dan materi eubacteria dan mengetahui persentase (%) kategori miskonsepsi pada materi ekosistem dan materi eubacteria dari buku teks biologi SMA kelas X kurikulum 2013 di Kota Kisaran. Penelitian ini merupakan penelitian analisis isi dengan menggunakan instrumen lembar identifikasi miskonsepsi. Buku teks yang dianalisis merupakan buku teks biologi SMA kurikulum 2013 yang digunakan di kota Kisaran dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Identifikasi miskonsepsi dibagi menjadi 5 kategori yaitu undergeneralization, obsolete concept and terms, oversimplification, overgeneralization, dan misidentification. Data yang diperoleh secara deskriptif dengan menghitung frekuensi masing-masing kategori. Hasil menunjukkan bahwa buku teks A dan B yang dianalisis mengalami miskonsepsi. Kategori miskonsepsi yang ditemukan pada kedua buku teks adalah obsolete concept and terms, overgeneralization, dan misidentification. Kode buku A ditemukan miskonsepsi pada materi eubacteria sedangkan pada materi ekosistem tidak ada. Adapun persentase kategori miskonsepsi kode buku teks A pada materi eubacteria yaitu obsolote concept and terms 100%. Pada kode buku B ditemukan adanya miskonsepsi pada materi eubacteria sedangkan pada materi ekosistem tidak ada. Adapun persentase kategori miskonsepsi buku B pada materi eubacteria yaitu obsolete concept and terms 33,33%, overgeneralization 33,33%, dan misidentification 33,33%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 BIO 067 |
Keywords: | Miskonsepsi; Buku Teks; Ekosistem; Eubacteria; Kurikulum 2013 |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 11 Sep 2017 11:25 |
Last Modified: | 11 Sep 2017 09:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26225 |