Nababan, Linsanita (2017) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI KELAS X SEMESTER GENAP SMA NEGERI 2 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 413312032 COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. NIM 413312032 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
3. NIM 413312032 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
4. NIM 413312032 PREFACE.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
5. NIM 413312032 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
6. NIM 413312032 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
7. NIM 413312032 TABLE.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
8. NIM 413312032 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
9. NIM 413312032 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
13. NIM 413312032 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
14. NIM 413312032 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar siswa pada materi usaha dan energi di kelas X semester genap SMA Negeri 2 Medan T.P 2016/2017.
Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan populasi seluruh siswa kelas X SMA Negeri 2 Medan yang berjumlah 14 kelas. Sampel penelitian ini terdiri dari 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling, yaitu kelas X MIPA-1 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning dan kelas X MIPA-4 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ada dua, yaitu instrumen pertama tes hasil belajar dalam bentuk soal essay test yang telah divalidasi sebelumnya oleh 3 orang validator dan instrumen kedua observasi aktivitas belajar siswa.
Hasil penelitian sebelum pembelajaran dilakukan diperoleh data nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 28,67 dan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata pretes 28,73. Rata-rata nilai postes pada kelas eksperimen sebesar 76,17 dan rata-rata postes kelas kontrol sebesar 54,23 setelah dilakukan perlakuan pada masing-masing kelas. Hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 8,96 > 2,018 pada taraf signifikansi α = 0,05. Hasil pengamatan observer diperoleh rata-rata peningkatan nilai rata-rata keterampilan siswa dari pertemuan I hingga pertemuan ke IV sebesar 23% dengan kategori dari cukup baik hingga baik. Hal ini berarti Ha diterima, yang menunjukkan ada pengaruh yang signifikan model problem based learning terhadap hasil belajar siswa pada materi usaha dan energi di kelas X semester genap SMA Negeri 2 Medan T.P 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 FIS 138 |
Keywords: | MODEL PROBLEM BASED LEARNING, PE,MBELAJARAN KONVENSIONAL, HASIL BELAJAR |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics > QC310 Thermodynamics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 11 Sep 2017 10:49 |
Last Modified: | 12 Sep 2017 03:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26197 |