Putri, Desi Anggriani (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN ABIMASI PHET TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 1 KISARAN T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1_COVER.PDF - Published Version
Download (157kB) | Preview
2_LEMBAR.PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview
3_RIWAYA.PDF - Published Version
Download (113kB) | Preview
4_ABSTRA.PDF - Published Version
Download (118kB) | Preview
5_KATA_P.PDF - Published Version
Download (166kB) | Preview
6_DAFTAR.PDF - Published Version
Download (248kB) | Preview
7_DAFTAR.PDF - Published Version
Download (34kB) | Preview
8_DAFTAR.PDF - Published Version
Download (35kB) | Preview
9_DAFTAR.PDF - Published Version
Download (162kB) | Preview
10_BAB_I.PDF - Published Version
Download (488kB) | Preview
14_BAB_V.PDF - Published Version
Download (242kB) | Preview
15_DAFTA.PDF - Published Version
Download (168kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan animasi phet terhadap hasil belajar siswa pada materi momentum dan impuls kelas X Semester II SMA Negeri 1 Kisaran T.A. 2016 / 2017.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian quasi eksperimen dengan desain two group Pre-test dan Pos-test, Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas X SMA Negeri 1 Kisaran. Sampel penelitian ini diambil dengan teknik cluster random sampling, yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen diterapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan animasi phet, dan kelas kontrol diterapkan pembelajaran konvensional, masing-masing kelas sebanyak 35 siswa dan 40 siswa, Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan Instrumen berupa tes pilihan berganda sebanyak 20 soal, observasi sikap dan keterampilan siswa.
Dari analisa data untuk kelas eksperimen yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan animasi phet diperoleh rata-rata Pre-test 30,43 dan nilai rata-rata Post-test 78,29. Kelas kontrol yang diajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional diperoleh rata-rata Pre-test 30,5 dan rata-rata Post-test 66,63. Kedua kelas berdistribusi normal dan memiliki variasi yang homogen. Hasil uji t postes thitung adalah 7,58 sedangkan ttabel adalah 1,668 pada taraf nyata 0,05 artinya 95% Ha diterima dan 5% Ho ditolak dimana thitung > ttabel. Sehingga diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh yang dari model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan animasi phet terhadap hasil belajar siswa pada materi momentum dan impuls kelas X SMA Negeri 1 Kisaran T.A. 2016 / 2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 FIS 149 |
Keywords: | MODEL PEMBELAJARAN, INKUIRI TERBIMBING, PHET, HASIL BELAJAR, KONVENSIONAL |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics > QC310 Thermodynamics Q Science > QC Physics > QC750 Magnetism |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 11 Sep 2017 10:47 |
Last Modified: | 12 Sep 2017 02:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26187 |