PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR DI KELAS X SEMESTER II SMK YAPIM TARUNA BATANG KUIS T.P. 2016/2017

Sukma, Tris Melisa (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR DI KELAS X SEMESTER II SMK YAPIM TARUNA BATANG KUIS T.P. 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4132121015 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4132121015 COVER.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4132121015 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4132121015 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (268kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4132121015 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4132121015 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4132121015 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4132121015 PREFACE.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4132121015 TABLE OF CONTRNT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4132121015 TABLE OF CONTRNT.pdf - Published Version

Download (234kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 4132121015 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6. NIM 4132121015 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 4132121015 TABLES.pdf]
Preview
Text
7. NIM 4132121015 TABLES.pdf - Published Version

Download (253kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 4132121015 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 4132121015 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4132121015 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4132121015 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (564kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4132121015 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4132121015 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (252kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4132121015 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4132121015 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (265kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan pengaruh
penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement
Divisions (STAD) terhadap hasil belajar fisika pada materi suhu dan kalor di kelas
X semester II SMK YAPIM TARUNA BATANG KUIS T.P. 2016/2017. Jenis
penelitian ini adalah quasi eksperimen. Untuk memperoleh data yang diperlukan
dalam penelitian ini digunakan tes pilihan berganda dengan jumlah 20 item yang
telah divalidasi sesuai dengan standar soal yang baik. Dari hasil penelitian diperoleh
nilai rata - rata pretes kelas eksperimen lebih rendah dari nilai rata- rata kelas
kontrol. Setelah dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas, data nilai pretes dari
kelas eksperimen dan kontrol dinyatakan berdistribusi normal dan homogen.
Melalui pengujian statistik diperoleh hasil yang signifikan bahwa tidak ada
perbedaan pada kemampuan awal kedua kelas atau sama. Kemudian diberikan
perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran Kooperatif
Tipe STAD dan kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Nilai ratarata
postes kelas eksperimen lebih tinggi dari pada nilai rata-rata postes kelas
kontrol. Setelah dilakukan pengujian statistik menggunakan uji-t satu pihak, maka
dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara nilai postes kelas
eksperimen dengan kelas kontrol. Hal ini dapat dilihat dari hasil postesnya yaitu
nilai postes kelas eksperimen lebih tinggi dari nilai postes kelas kontrol karena
adanya pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD terhadap hasil belajar
siswa pada materi pokok suhu dan kalor di kelas X semester II SMK YAPIM
TARUNA BATANG KUIS T.P. 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 FIS 133
Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD; Model Pembelajaran Konvensional; Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics > QC251 Heat
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 11 Sep 2017 10:45
Last Modified: 12 Sep 2017 02:21
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26181

Actions (login required)

View Item
View Item