Sukma, Tris Melisa (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR DI KELAS X SEMESTER II SMK YAPIM TARUNA BATANG KUIS T.P. 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4132121015 COVER.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
2. NIM 4132121015 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (268kB) | Preview
3. NIM 4132121015 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
4. NIM 4132121015 PREFACE.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
5. NIM 4132121015 TABLE OF CONTRNT.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
6. NIM 4132121015 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM 4132121015 TABLES.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
8. NIM 4132121015 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM 4132121015 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (564kB) | Preview
13. NIM 4132121015 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
14. NIM 4132121015 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan pengaruh
penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement
Divisions (STAD) terhadap hasil belajar fisika pada materi suhu dan kalor di kelas
X semester II SMK YAPIM TARUNA BATANG KUIS T.P. 2016/2017. Jenis
penelitian ini adalah quasi eksperimen. Untuk memperoleh data yang diperlukan
dalam penelitian ini digunakan tes pilihan berganda dengan jumlah 20 item yang
telah divalidasi sesuai dengan standar soal yang baik. Dari hasil penelitian diperoleh
nilai rata - rata pretes kelas eksperimen lebih rendah dari nilai rata- rata kelas
kontrol. Setelah dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas, data nilai pretes dari
kelas eksperimen dan kontrol dinyatakan berdistribusi normal dan homogen.
Melalui pengujian statistik diperoleh hasil yang signifikan bahwa tidak ada
perbedaan pada kemampuan awal kedua kelas atau sama. Kemudian diberikan
perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran Kooperatif
Tipe STAD dan kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Nilai ratarata
postes kelas eksperimen lebih tinggi dari pada nilai rata-rata postes kelas
kontrol. Setelah dilakukan pengujian statistik menggunakan uji-t satu pihak, maka
dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara nilai postes kelas
eksperimen dengan kelas kontrol. Hal ini dapat dilihat dari hasil postesnya yaitu
nilai postes kelas eksperimen lebih tinggi dari nilai postes kelas kontrol karena
adanya pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD terhadap hasil belajar
siswa pada materi pokok suhu dan kalor di kelas X semester II SMK YAPIM
TARUNA BATANG KUIS T.P. 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 FIS 133 |
Keywords: | Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD; Model Pembelajaran Konvensional; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics > QC251 Heat |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 11 Sep 2017 10:45 |
Last Modified: | 12 Sep 2017 02:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26181 |