Dzahroh, Shabrina (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LATIHAN INKUIRI (INQUIRY TRAINING) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LISTRIK DINAMIS DI KELAS X SEMESTER II SMA MUHAMMADIYAH 1 MEDAN T.P. 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4132121028 COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
2. NIM 4132121028 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (256kB) | Preview
3. NIM 4132121028 BIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
4. NIM 4132121028 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
5. NIM 4132121028 PREFACE.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
6. NIM 4132121028 TABEL OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
7. NIM 4132121028 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM 4132121028 TABELS.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
9. NIM 4132121028 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
10. NIM 4132121028 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (471kB) | Preview
15. NIM 4132121028 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
14. NIM 4132121028 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui hasil belajar, aktivitas siswa dan
pengaruh model pembelajaran inquiry training. Jenis penelitian ini adalah quasi
eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X Semester II SMA
Muhammadiyah 1 Medan yang terdiri dari 3 kelas. Pengambilan sampel dilakukan
dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 3 kelas
secara acak yaitu kelas X 2 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 31 orang
dan kelas X 3 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 34 orang. Uji hipotesis
menggunakan uji t dengan taraf α = 0,05. Dari hasil penelitian diperoleh nilai ratarata
pretes kelas eksperimen yaitu 24,58 dan kelas kontrol yaitu 22,38.
Selanjutnya dilakukan uji homogenitas dan diperoleh bahwa kedua sampel berasal
dari kelompok yang homogen. Hasil analisis data dari uji t dua pihak
menunjukkan kedua kelas sampel memiliki kemampuan awal yang sama. Nilai
rata-rata postes kelas eksperimen = 73 dan kelas kontrol = 69. Hasil analisis uji t
satu pihak menunjukkan adanya pengaruh dari model pembelajaran inquiry
training. Dari hasil pengamatan aktifitas siswa diperoleh peningkatan. Pada
pertemuan I diperoleh rata-rata 55,15 % naik di pertemuan II menjadi 66, 52 %
pada pertemuan III naik menjadi 80, 64 %. Peningkatan aktivitas belajar ini
mempengaruhi peningkatan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 FIS 158 |
Keywords: | Model Inquiry Training, Hasil Belajar Siswa, Aktivitas Belajar Siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics > QC501 Electricity |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 11 Sep 2017 10:42 |
Last Modified: | 12 Sep 2017 01:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26176 |