PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LATIHAN INKUIRI (INQUIRY TRAINING) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LISTRIK DINAMIS DI KELAS X SEMESTER II SMA MUHAMMADIYAH 1 MEDAN T.P. 2016/2017

Dzahroh, Shabrina (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LATIHAN INKUIRI (INQUIRY TRAINING) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LISTRIK DINAMIS DI KELAS X SEMESTER II SMA MUHAMMADIYAH 1 MEDAN T.P. 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4132121028 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4132121028 COVER.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4132121028 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4132121028 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (256kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4132121028 BIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4132121028 BIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4132121028 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4132121028 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4132121028 PREFACE.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4132121028 PREFACE.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 4132121028 TABEL OF CONTENTS.pdf]
Preview
Text
6. NIM 4132121028 TABEL OF CONTENTS.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 4132121028 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM 4132121028 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 4132121028 TABELS.pdf]
Preview
Text
8. NIM 4132121028 TABELS.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4132121028 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4132121028 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 10. NIM 4132121028 CHAPTER  I.pdf]
Preview
Text
10. NIM 4132121028 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (471kB) | Preview
[thumbnail of 15. NIM 4132121028 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
15. NIM 4132121028 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4132121028 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4132121028 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (196kB) | Preview

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui hasil belajar, aktivitas siswa dan
pengaruh model pembelajaran inquiry training. Jenis penelitian ini adalah quasi
eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X Semester II SMA
Muhammadiyah 1 Medan yang terdiri dari 3 kelas. Pengambilan sampel dilakukan
dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 3 kelas
secara acak yaitu kelas X 2 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 31 orang
dan kelas X 3 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 34 orang. Uji hipotesis
menggunakan uji t dengan taraf α = 0,05. Dari hasil penelitian diperoleh nilai ratarata
pretes kelas eksperimen yaitu 24,58 dan kelas kontrol yaitu 22,38.
Selanjutnya dilakukan uji homogenitas dan diperoleh bahwa kedua sampel berasal
dari kelompok yang homogen. Hasil analisis data dari uji t dua pihak
menunjukkan kedua kelas sampel memiliki kemampuan awal yang sama. Nilai
rata-rata postes kelas eksperimen = 73 dan kelas kontrol = 69. Hasil analisis uji t
satu pihak menunjukkan adanya pengaruh dari model pembelajaran inquiry
training. Dari hasil pengamatan aktifitas siswa diperoleh peningkatan. Pada
pertemuan I diperoleh rata-rata 55,15 % naik di pertemuan II menjadi 66, 52 %
pada pertemuan III naik menjadi 80, 64 %. Peningkatan aktivitas belajar ini
mempengaruhi peningkatan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 FIS 158
Keywords: Model Inquiry Training, Hasil Belajar Siswa, Aktivitas Belajar Siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics > QC501 Electricity
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 11 Sep 2017 10:42
Last Modified: 12 Sep 2017 01:57
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26176

Actions (login required)

View Item
View Item