Salimah, Rizki (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 1 TANJUNG MORAWA T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. COVER SKRIPSI.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
3. RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
4. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
5. KATA PENGATAR.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
6. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
9. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
10. BAB I.pdf - Published Version
Download (340kB) | Preview
14. BAB V.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeahui pengaruh model pembelajaran Group Investigation (GI) terhadap hasi belajar siswa pada materi pokok suhu dan kalor kelas X semester II SMA Negeri 1 Tanjung Morawa T.P 2016/2017
Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X yang terdiri dari 6 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara class random sampling dengan mengambil 2 kelas yaitu kelas X-3 dengan menggunakan model pembelajaran Group Investigation yang berjumlah 33 orang dan kelas X-5 dengan pembelajaran konvensional yang berjumlah 33 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar yang berbentuk essay test dengan jumlah 10 soal yang telah dinyatakan valid oleh para ahli. Analisa data menunjukkan nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 43,696 dan kelas kontrol 42,781. Hasil analisis data pretes menunjukkan bahwa sampel berasal dari populasi yang berdistribusi normal, varians kedua sampel homogen, dan uji t thitung 0,455 < ttabel 1.998, kedua sampel memiliki kemampuan awal yang sama. Setelah dilakukan perlakuan diperoleh nilai rata-rata postes pada kelas eksperimen dan kelas kontrol masing masing 75,060 dan 67,818. Untuk nilai postest diperoeh uji t thitung 3,7 > ttabel1,669, maka Ho ditolak dan Ha diterima sehingga dapat disimpulkan pengaruh pembelajaran Group Investigation lebih baik dari pada pembelajaran konvensional pada materi pokok suhu dan kalor di kelas X Semester II SMA Negeri 1 T.P 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 FIS 170 |
Keywords: | GROUP INVESTIGATION, HASIL BELAJAR, SUHU DAN KALOR |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics > QC251 Heat |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 11 Sep 2017 10:36 |
Last Modified: | 11 Sep 2017 04:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26164 |