Heriani, Putri (2017) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR DI KELAS X SEMESTER II SMA SWASTA PERSIAPAN STABAT T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 4132121020 COVER_docx.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
2. LEMBAR ACC_docx.pdf - Published Version
Download (8MB) | Preview
3. 4132121020 RIWAYAT HIDUP_docx.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
4. 4132121020 ABSTRAK_docx.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
5. 4132121020 KATA PENGANTAR_docx.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
6. 4132121020 DAFTAR ISI_docx.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
7. 4132121020 DAFTAR GAMBAR_docx.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
8. 4132121020 DAFTAR TABEL_docx.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
9. 4132121020 DAFTAR LAMPIRAN_docx.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
10. 4132121020 BAB I_docx.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
14. 4132121020 BAB V_docx.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
15. 4132121020 DAFTAR PUSTAKA_docx.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based
Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah fisika lebih baik daripada
pembelajaran konvensional pada materi pokok Suhu dan Kalor di kelas X
semester II SMA Swasta Persiapan Stabat T.P. 2016/2017. Jenis penelitian ini
adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas
X Semester genap SMA Swasta Persiapan Stabat yang terdiri dari empat kelas.
Sampel penelitian ini diambil dua kelas yaitu kelas X-2 (sebagai kelas
eksperimen) dan kelas X-1 (sebagai kelas kontrol) yang masing-masing berjumlah
45 dan 46 siswa yang ditentukan dengan teknik Cluster Random Sampling.
Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model
Problem Based Learning dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional.
Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes essay, jumlah soal 10 item
yang telah divalidkan oleh validator. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata
pretes kelas eksperimen adalah 20,44 dan kelas kontrol adalah 20,65, setelah
pembelajaran selesai diberikan postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen
81,24 dan kelas kontrol 72,78. Dari hasil uji t diperoleh thitung = 8,13 sedangkan
ttabel = 1,991. Karena thitung > ttabel (8,13 >1,991) maka Ha diterima. Melalui uji t
tersebut diperoleh hasil signifikan bahwa kemampuan pemecahan masalah fisika
menggunakan model Problem Based Learning lebih baik dibandingkan kelas
kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 FIS 172 |
Keywords: | QUASI EKSPERIMEN; PROBLEM BASED LEARNING; KONVENSIONAL |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics > QC251 Heat |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 11 Sep 2017 10:35 |
Last Modified: | 11 Sep 2017 04:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26162 |