PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR DI KELAS X SEMESTER II SMA SWASTA PERSIAPAN STABAT T.P 2016/2017

Heriani, Putri (2017) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR DI KELAS X SEMESTER II SMA SWASTA PERSIAPAN STABAT T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 4132121020 COVER_docx.pdf]
Preview
Text
1. 4132121020 COVER_docx.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[thumbnail of 2. LEMBAR ACC_docx.pdf]
Preview
Text
2. LEMBAR ACC_docx.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[thumbnail of 3. 4132121020 RIWAYAT HIDUP_docx.pdf]
Preview
Text
3. 4132121020 RIWAYAT HIDUP_docx.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[thumbnail of 4. 4132121020 ABSTRAK_docx.pdf]
Preview
Text
4. 4132121020 ABSTRAK_docx.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 5. 4132121020 KATA PENGANTAR_docx.pdf]
Preview
Text
5. 4132121020 KATA PENGANTAR_docx.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[thumbnail of 6. 4132121020 DAFTAR ISI_docx.pdf]
Preview
Text
6. 4132121020 DAFTAR ISI_docx.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[thumbnail of 7. 4132121020 DAFTAR GAMBAR_docx.pdf]
Preview
Text
7. 4132121020 DAFTAR GAMBAR_docx.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[thumbnail of 8. 4132121020 DAFTAR TABEL_docx.pdf]
Preview
Text
8. 4132121020 DAFTAR TABEL_docx.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[thumbnail of 9. 4132121020 DAFTAR LAMPIRAN_docx.pdf]
Preview
Text
9. 4132121020 DAFTAR LAMPIRAN_docx.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[thumbnail of 10. 4132121020 BAB I_docx.pdf]
Preview
Text
10. 4132121020 BAB I_docx.pdf - Published Version

Download (189kB) | Preview
[thumbnail of 14. 4132121020 BAB V_docx.pdf]
Preview
Text
14. 4132121020 BAB V_docx.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[thumbnail of 15. 4132121020 DAFTAR PUSTAKA_docx.pdf]
Preview
Text
15. 4132121020 DAFTAR PUSTAKA_docx.pdf - Published Version

Download (70kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based
Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah fisika lebih baik daripada
pembelajaran konvensional pada materi pokok Suhu dan Kalor di kelas X
semester II SMA Swasta Persiapan Stabat T.P. 2016/2017. Jenis penelitian ini
adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas
X Semester genap SMA Swasta Persiapan Stabat yang terdiri dari empat kelas.
Sampel penelitian ini diambil dua kelas yaitu kelas X-2 (sebagai kelas
eksperimen) dan kelas X-1 (sebagai kelas kontrol) yang masing-masing berjumlah
45 dan 46 siswa yang ditentukan dengan teknik Cluster Random Sampling.
Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model
Problem Based Learning dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional.
Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes essay, jumlah soal 10 item
yang telah divalidkan oleh validator. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata
pretes kelas eksperimen adalah 20,44 dan kelas kontrol adalah 20,65, setelah
pembelajaran selesai diberikan postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen
81,24 dan kelas kontrol 72,78. Dari hasil uji t diperoleh thitung = 8,13 sedangkan
ttabel = 1,991. Karena thitung > ttabel (8,13 >1,991) maka Ha diterima. Melalui uji t
tersebut diperoleh hasil signifikan bahwa kemampuan pemecahan masalah fisika
menggunakan model Problem Based Learning lebih baik dibandingkan kelas
kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 FIS 172
Keywords: QUASI EKSPERIMEN; PROBLEM BASED LEARNING; KONVENSIONAL
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics > QC251 Heat
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 11 Sep 2017 10:35
Last Modified: 11 Sep 2017 04:31
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26162

Actions (login required)

View Item
View Item