PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CORE (CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING, EXTENDING) TERHADAP HASIL BELAJAR STRATEGI PEMASARAN SISWA KELAS X PEMASARAN SMK NEGERI 1 MEDAN T.A 2016/2017

Sihombing, Fransisca Natalia (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CORE (CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING, EXTENDING) TERHADAP HASIL BELAJAR STRATEGI PEMASARAN SISWA KELAS X PEMASARAN SMK NEGERI 1 MEDAN T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 01. NIM. 7133141029 COVER.pdf]
Preview
Text
01. NIM. 7133141029 COVER.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[thumbnail of 02. NIM. 7133141029 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
02. NIM. 7133141029 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (914kB) | Preview
[thumbnail of 03. NIM. 7133141029 PREFACE.pdf]
Preview
Text
03. NIM. 7133141029 PREFACE.pdf - Published Version

Download (262kB) | Preview
[thumbnail of 04. NIM. 7133141029 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
04. NIM. 7133141029 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (251kB) | Preview
[thumbnail of 05. NIM. 7133141029 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
05. NIM. 7133141029 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (247kB) | Preview
[thumbnail of 06. NIM. 7133141029 TABLES, ILLUSTRATION, APENDICES.pdf]
Preview
Text
06. NIM. 7133141029 TABLES, ILLUSTRATION, APENDICES.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[thumbnail of 07. NIM. 7133141029 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
07. NIM. 7133141029 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (529kB) | Preview
[thumbnail of 11. NIM. 7133141029 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
11. NIM. 7133141029 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM. 7133141029 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
12. NIM. 7133141029 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar strategi pemasaran siswa kelas X Pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar strategi pemasaran yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending).
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Pemasaran SMK Negeri 1 Medan T.A 2016/2017 yang berjumlah 72 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh. Dimana kelas X Pemasaran 1 sebagai kelas eksperien dan X Pemasaran 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa adalah tes pilihan berganda sebanyak 20 item tes dengan 4 pilihan jawaban. Dimana sebelumnya telah diuji cobakan untuk mengetahui tingkat validitas tes, reliabilitas, daya beda, dan tingkat kesukaran. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar yang diajar dengan model pembelajaran CORE pada kelas eksperimen diperoleh ( = 78,29 S = 15.53), sedangkan model pembelajaran konvensional pada kelas kontrol diperoleh ( = 58,24 S = 17.09). Terjadi peningkatan rata-rata siswa yang telah diberikan model pembelajaran CORE sebesar 20,05 atau 34,43% dibandingkan dengan kelas kontrol. Hasil perhitungan pengujian hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 5,199 > 1,667.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar strategi pemasaran yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran CORE lebih tinggi dibandingkan model pembelajaran konvensional siswa kelas X Pemasaran SMK Negeri 1 Medan T.A 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 NIAGA 045
Keywords: Model Pembelajaran CORE, Hasil Belajar, Pelajaran Strategi Pemasaran
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5410 Marketing. Distribution of products
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 08 Sep 2017 14:08
Last Modified: 08 Sep 2017 07:48
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26143

Actions (login required)

View Item
View Item