Sihombing, Fransisca Natalia (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CORE (CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING, EXTENDING) TERHADAP HASIL BELAJAR STRATEGI PEMASARAN SISWA KELAS X PEMASARAN SMK NEGERI 1 MEDAN T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM. 7133141029 COVER.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
02. NIM. 7133141029 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (914kB) | Preview
03. NIM. 7133141029 PREFACE.pdf - Published Version
Download (262kB) | Preview
04. NIM. 7133141029 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (251kB) | Preview
05. NIM. 7133141029 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
06. NIM. 7133141029 TABLES, ILLUSTRATION, APENDICES.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
07. NIM. 7133141029 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (529kB) | Preview
11. NIM. 7133141029 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
12. NIM. 7133141029 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar strategi pemasaran siswa kelas X Pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar strategi pemasaran yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending).
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Pemasaran SMK Negeri 1 Medan T.A 2016/2017 yang berjumlah 72 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh. Dimana kelas X Pemasaran 1 sebagai kelas eksperien dan X Pemasaran 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa adalah tes pilihan berganda sebanyak 20 item tes dengan 4 pilihan jawaban. Dimana sebelumnya telah diuji cobakan untuk mengetahui tingkat validitas tes, reliabilitas, daya beda, dan tingkat kesukaran. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar yang diajar dengan model pembelajaran CORE pada kelas eksperimen diperoleh ( = 78,29 S = 15.53), sedangkan model pembelajaran konvensional pada kelas kontrol diperoleh ( = 58,24 S = 17.09). Terjadi peningkatan rata-rata siswa yang telah diberikan model pembelajaran CORE sebesar 20,05 atau 34,43% dibandingkan dengan kelas kontrol. Hasil perhitungan pengujian hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 5,199 > 1,667.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar strategi pemasaran yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran CORE lebih tinggi dibandingkan model pembelajaran konvensional siswa kelas X Pemasaran SMK Negeri 1 Medan T.A 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 NIAGA 045 |
Keywords: | Model Pembelajaran CORE, Hasil Belajar, Pelajaran Strategi Pemasaran |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5410 Marketing. Distribution of products L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 08 Sep 2017 14:08 |
Last Modified: | 08 Sep 2017 07:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26143 |