Sihombing, Korem (2017) PENGARUH STRAYEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THE POWER OF TWO TERHADAP HASIL BELAJAR PENGGUNAAN ALAT UKUR PADA SISWA KELAS X JURUSAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN (TKR) SMK SWASTA MARKUS 2 MEDAN T.A.2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5103122024 COVER.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
2. NIM. 5103122024 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (272kB) | Preview
3. NIM. 5103122024 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
4. NIM. 5103122024 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
5. NIM. 5103122024 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
6. NIM. 5103122024 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
7. NIM. 5103122024 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
8. NIM. 5103122024 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
9. NIM. 5103122024 BAB 1.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
13. NIM. 5103122024 BAB V.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
14. NIM. 5103122024 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran Kooperatif Tipe The Power Of Two terhadap hasil belajar penggunaan alat ukur siswa kelas X SMK Swasta Markus 2 Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang terdiri dari 2 kelas pada semester II Tahun Ajaran 2016/2017. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara total sampling dengan mengambil dua kelas yaitu X TKR I sebagai kelas eksperimen dan X TKR II sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes pilihan berganda sebanyak 23 soal yang sudah diuji cobakan dan dianalisis terlebih dahulu. Sebelum dilakukan perlakuan pada dua kelas tersebut terlebih dahulu diberikan pretest atau untuk memperoleh data awal dalam penelitian ini, dan setelah diberikan perlakuan kemudian diberikan post test untuk memperoleh data hasil belajar. Data dari hasil belajar yang dicapai oleh siswa dan selanjutnya dianalisis untuk menguji hipotesis dengan uji t satu pihak. Hasil dari penelitian menunjukkan hasil belajar siswa sebelum pembelajaran antara kelas eksperimen dan kelas kontrol memiliki kemampuan awal yang sama, ditunjukkan dengan peroleh uji homogenitas pretest dari kelas eksperimen dan kelas kontrol yang homogen. Sesudah perlakuan pembelajaran kelas eksperimen yang menggunakan strategi pembelajaran Kooperatif Tipe The Power Of Two hasilnya lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran ekspositori. Dari hasil analisis uji hipotesis dengan taraf α = 0,05 dan data perbandingan nilai posttest dari kedua kelas didapat bahwa harga thitung > ttabelatau jatuh pada daerah penerimaan Ha, dengan demikian diperoleh bahwa terdapat pengaruh penggunaan strategi pembelajaran Kooperatif Tipe The Power Of Two terhadap hasil belajar teknik penggunaan alat ukur siswa kelas X SMK Swasta Markus 2 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 OTM 019 |
Keywords: | Strategi pembelajaran kooperatif tipe the power of two; Pembelajaran ekspositori; Hasil belajar; Penggunaan alat ukur |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 08 Sep 2017 10:01 |
Last Modified: | 17 Apr 2018 08:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26130 |