Panggabean, Harmoko (2017) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LARI SPRINT MELALUI PENDEKATAN BERMAIN MENGGUNAKAN MEDIA RINTANGAN PADA SISWA KELAS VII SMP YAYASAN PERGURUAN HKBP SEI MATI TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 61131112083 COVER.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
2. NIM. 61131112083 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (331kB) | Preview
3. NIM. 61131112083 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
4. NIM. 61131112083 PREFACE.pdf - Published Version
Download (293kB) | Preview
5. NIM. 61131112083 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
6. NIM. 61131112083 TABLES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM. 61131112083 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
8. NIM. 61131112083 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM. 61131112083 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (416kB) | Preview
13. NIM. 61131112083 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
14. NIM. 61131112083 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar lari sprint melalui pendekatan bermain pada siswa kelas VII SMP Yayasan Perguruan HKBP Sei Mati Tahun Ajaran 2016/2017. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Yayasan Perguruan HKBP Sei Mati yang berjumlah 35 orang, yang diberikan tindakan berupa pengajaran lari sprint melalui pendekatan bermain. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dapat dianalisis. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini dilakukan tes hasil belajar lari sprint diakhir setiap siklus yang berbentuk aplikasi penilaian berupa portofolio, penelitian ini dilaksanakan selama dua minggu atau dua kali pertemuan. Dari data awal yang didapat disekolah diketahui bahwa nilai yang diperoleh siswa pada materi ternyata rata-rata < 70. Sedangkan nilai KKM penjas di SMP Yayasan Perguruan HKBP Sei Mati adalah 70. Ditinjau dari kelas VII yang tiap kelasnya terdiri dari 35 orang, 5 siswa yaitu 14,28% sudah memiliki nilai diatas KKM, sedangkan 30 orang siswa yaitu 85,71% memiliki nilai dibawah KKM. Setelah data terkumpul dilakukan analisis, maka diperoleh hasil analisisnya dengan diberikan penerapan melalui model pembelajaran pendekatan bermain, maka diperoleh tes hasil belajar pada siklus I sebanyak 18 orang siswa yaitu 51% telah mencapai tingkat ketuntasan belajar dan 17 orang siswa yaitu 49% belum mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata hasil belajar adalah 69,76 (tidak tuntas). Namun pada siklus I belum dapat memenuhi kriteria ketuntasan secara klasikal seperti yang diharapkan yaitu 85%. Maka dilakukanlah tes hasil belajar siklus II dengan memperoleh data sebanyak 31 orang siswa yaitu 88,57% yang telah mencapai ketuntasan belajar dan 4 orang lainnya masih belum tuntas dengan nilai sebesar 11,42 % dengan nilai rata-rata hasil belajar adalah 82,38 (tuntas). Dengan kata lain terdapat peningkatan klasikal siklus I 51% menjadi 86,11 % pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat ditarik kesimpulan bahwa melalui pendekatan bermain dapat meningkatkan hasil belajar lari sprint siswa kelas VII SMP Yayasan Perguruan HKBP Sei Mati tahun ajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PJKR 070 |
Keywords: | Pendidikan jasmani; Atletik; Lari sprint |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV743 Athletic and sporting goods, supplies, etc. L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 08 Sep 2017 10:00 |
Last Modified: | 08 Sep 2017 04:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26125 |