PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ELASTISITAS KELAS X SEMESTER II DI SMK YAPIM TARUNA BELAWAN T.P 2016/2017

Primsya (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ELASTISITAS KELAS X SEMESTER II DI SMK YAPIM TARUNA BELAWAN T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4103121052 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4103121052 COVER.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4103121052 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4103121052 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4103121052 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4103121052 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM.4103121052 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM.4103121052 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (295kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM.4103121052 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM.4103121052 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM.4103121052 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
6. NIM.4103121052 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM.4103121052 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
7. NIM.4103121052 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM.4103121052 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. NIM.4103121052 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM.4103121052 BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM.4103121052 BAB I.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM.4103121052 BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM.4103121052 BAB V.pdf - Published Version

Download (193kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM.4103121052 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM.4103121052 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (193kB) | Preview

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Inquiry Training dan pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar siswa pada materi elastistas kelas X semester II di SMK Yapim Taruna Belawan T.P 2016/2017. Jenis penelitian adalah kuasi eksperimen dengan desain two group pretest postest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Yapim Taruna Belawan T.P 2016/2017. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 3 kelas yaitu kelas X TKJ-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X TKR-2 sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 25 orang. Instrumen yang digunakan adalah 1) tes hasil belajar dalam bentuk esai 10 soal yang telah divalidasi oleh validator, 2) lembar observasi a)aktivitas belajar, b)sikap dan c)keterampilan. Pengujian hipotesis penelitian adalah uji t. Dari analisa data, kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata pretes 23,66 dan postes 75,43. Pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata pretes 22,46 dan postes 67,14. Kedua data terdistribusi normal dan homogen. Pada kelas eksperimen nilai rata-rata aktivitas belajar selama tiga pertemuan adalah 71,9 dengan kategori aktif, nilai rata-rata sikap sebesar 70,5 dengan kategori baik, dan nilai rata-rata ketrampilan adalah 74,96 dengan kategori baik. Hasil pengujian hipotesis dengan uji t dua pihak pada α=0,05 dan dk=48 diperoleh thitung < ttabel atau 0,98>2,01 dan hasil pengujian hipotesis dengan uji t satu pihak pada α=0,05 dan dk=48 diperoleh thitung>ttabel atau 3,47>1,47 maka Ho ditolak, artinya ada perbedaan akibat pengaruh model pembelajaran Inquiry Training terhadap hasil belajar siswa pada materi elastistas kelas X semester II di SMK Yapim Taruna Belawan T.P 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 FIS 127
Keywords: Hasil Belajar; Inquiry Training; aktivitas
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 08 Sep 2017 10:00
Last Modified: 08 Sep 2017 04:32
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26123

Actions (login required)

View Item
View Item