Primsya (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ELASTISITAS KELAS X SEMESTER II DI SMK YAPIM TARUNA BELAWAN T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4103121052 COVER.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
2. NIM. 4103121052 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
3. NIM. 4103121052 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
4. NIM.4103121052 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (295kB) | Preview
5. NIM.4103121052 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
6. NIM.4103121052 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
7. NIM.4103121052 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
8. NIM.4103121052 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM.4103121052 BAB I.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
13. NIM.4103121052 BAB V.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
14. NIM.4103121052 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Inquiry Training dan pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar siswa pada materi elastistas kelas X semester II di SMK Yapim Taruna Belawan T.P 2016/2017. Jenis penelitian adalah kuasi eksperimen dengan desain two group pretest postest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Yapim Taruna Belawan T.P 2016/2017. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 3 kelas yaitu kelas X TKJ-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X TKR-2 sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 25 orang. Instrumen yang digunakan adalah 1) tes hasil belajar dalam bentuk esai 10 soal yang telah divalidasi oleh validator, 2) lembar observasi a)aktivitas belajar, b)sikap dan c)keterampilan. Pengujian hipotesis penelitian adalah uji t. Dari analisa data, kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata pretes 23,66 dan postes 75,43. Pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata pretes 22,46 dan postes 67,14. Kedua data terdistribusi normal dan homogen. Pada kelas eksperimen nilai rata-rata aktivitas belajar selama tiga pertemuan adalah 71,9 dengan kategori aktif, nilai rata-rata sikap sebesar 70,5 dengan kategori baik, dan nilai rata-rata ketrampilan adalah 74,96 dengan kategori baik. Hasil pengujian hipotesis dengan uji t dua pihak pada α=0,05 dan dk=48 diperoleh thitung < ttabel atau 0,98>2,01 dan hasil pengujian hipotesis dengan uji t satu pihak pada α=0,05 dan dk=48 diperoleh thitung>ttabel atau 3,47>1,47 maka Ho ditolak, artinya ada perbedaan akibat pengaruh model pembelajaran Inquiry Training terhadap hasil belajar siswa pada materi elastistas kelas X semester II di SMK Yapim Taruna Belawan T.P 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 FIS 127 |
Keywords: | Hasil Belajar; Inquiry Training; aktivitas |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 08 Sep 2017 10:00 |
Last Modified: | 08 Sep 2017 04:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26123 |