Suganda, Hikmah Anum (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN STRATEGI PEMASARAN KELAS X PM DI SMK NEGERI 1 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7131141044 COVER.pdf - Published Version
Download (11kB) | Preview
2. NIM. 7131141044 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
4. NIM. 7131141044 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
3. NIM. 7131141044 PREFACE.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
5. NIM. 7131141044 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
6. NIM. 7131141044 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
7. NIM. 7131141044 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
8. NIM. 7131141044 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
9. NIM. 7131141044 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
13. NIM. 7131141044 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (263kB) | Preview
14. NIM. 7131141044 BIBLIOGRAPHY .pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar strategi
pemasaran siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh
positif dan signifikan hasil belajar strategi pemasaran yang diajarkan
menggunakan model pembelajaran reciprocal teaching dibanding hasil belajar
strategi pemasaran yang diajarkan menggunakan metode pembelajaran
konvensional pada siswa kelas X PM SMK NEGERI 1 MEDAN TAHUN
PELAJARAN 2016/2017.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK NEGERI 1 Medan yang beralamat di
Jl. Sindoro No.1 Medan. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen. Populasi
penelitian ini terdiri dari 2 kelas dengan jumlah siswa 72 orang. Sehingga semua
populasi dijadikan sampel. Kelas X-PM 1 sebagai kelas kontrol dengan jumlah
siswa 35 orang dan kelas X-PM 2 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa
37 orang. Alat yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes pilihan
berganda. Teknik analisis data menggunakan nilai rata-rata, varians dan standar
deviasi, uji normalitas, uji homogenitas data dan pengujian hipotesis.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa pada kelas ekperimen, rata-rata
pre-test sebesar 49,59, standar deviasi = 13,5 dan post-test sebesar 82,02, standar
deviasi 10,3, sedangkan pada kelas kontrol, rata-rata pre-test sebesar 53,42,
standar deviasi = 11,3 dan post-test sebesar 64,85, standar deviasi = 10,9. Hasil
pengujian hipotesis yang diperoleh thitung > ttabel yaitu 22,385>1,7 pada taraf
signifikan 95% dan α = 0,05.
Berdasarkan hasil analisis, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa ada
pengaruh positif dan signifikan hasil belajar strategi pemasaran yang diajarkan
menggunakan model pembelajaran reciprocal teaching dibanding hasil belajar
strategi pemasaran yang diajarkan menggunakan metode pembelajaran
konvensional pada siswa kelas X PM SMK Negeri 1 Medan Tahun pelajaran
2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 NIAGA 058 |
Keywords: | Model Pembelajaran Reciprocal Teaching; Metode Pembelajaran konvensional; Hasil Strategi Pemasaran |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5410 Marketing. Distribution of products L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 07 Sep 2017 11:45 |
Last Modified: | 07 Sep 2017 05:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26072 |