Tanjung, Yuli Handayani (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING (GUIDED INQUIRY) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK MOMENTUM DAN IMPULS. Undergraduate thesis, UNIMED.
NIM. 4133121062 Cover Skripsi.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
NIM. 4133121062 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (416kB) | Preview
NIM. 4133121062 abstrak.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
NIM. 4133121062 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
NIM. 4133121062 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
NIM. 4133121062 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
NIM. 4133121062 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
NIM. 4133121062 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
NIM. 4133121062 BAB I.pdf - Published Version
Download (356kB) | Preview
NIM. 4133121062 BAB V.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
NIM. 4133121062 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
NIM. 4133121062 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa, untuk mengetahui sikap dan keterampilan siswa, dan untuk mengetahui pengaruh model Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) terhadap hasil belajar pada materi Momentun dan Impuls.
Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Semester II SMA Negeri 7 Medan yang terdiri dari tujuh kelas. Sampel penelitian diambil dua kelas yaitu kelas MIPA-1(sebagai kelas eksperimen) dan kelas MIPA-4 (sebagai kelas kontrol) yang masing-masing berjumlah 37 dan 39 siswa yang ditentukan dengan teknik Random Sampling. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model Inkuiri Terbimbing dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional.
Dari hasil belajar siswa diperoleh nilai rata-rata postes kelas eksperimen 79,38 dan kelas kontrol 73,77. Hasil nilai rata-rata sikap disiplin 82,67, jujur 75,33, berpikir kritis 70, tanggung jawab 75,67, dan kerja sama 73. Berdasarkan hasil uji hipotesis thitung > ttabel (2,80 >1,67) maka H0 ditolak dan Ha diterima dengan demikian ada pengaruh yang signifikan penerapan model inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa dibandingkan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 FIS 173 |
Keywords: | Quasi Eksperimen, Inkuiri Terbimbing, Konvensional |
Subjects: | Q Science > QC Physics > QC310 Thermodynamics Q Science > QC Physics > QC750 Magnetism |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 06 Sep 2017 14:45 |
Last Modified: | 06 Sep 2017 08:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26069 |