Sari, Wildany Novian (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DENGAN MEDIA LEMBAR KERJA SISWA (LKS) UNTUK MENINGKATKAN SIKAP KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA MATERI REAKSI REDOKS KELAS X SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4133131062 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
2. NIM 4133131062 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
3. NIM 4133131062 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
4. NIM 4133131062 PREFACE.pdf - Published Version
Download (269kB) | Preview
5. NIM 4133131062 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
6. NIM 4133131062 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
7. NIM 4133131062 TABLES.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
8. NIM 4133131062 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
9. NIM 4133131062 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
13. NIM 4133131062 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
14. NIM 4133131062 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sikap kerjasama siswa dan peningkatan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan media Lembar Kerja Siswa (LKS) pada materi reaksi redoks kelas X SMA. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA Semester II SMA N 1 Namorambe yang terdiri dari 2 kelas dengan jumlah keseluruhan siswa 60 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara sampling jenuh. Kelas kontrol diberi perlakuan model pembelajaran konvensional dengan media LKS dan kelas eksperimen diberi perlakuan model pembelajaran CTL dengan media LKS. Instrumen yang digunakan untuk penelitian ini menggunakan dua ranah, yaitu kognitif berupa instrumen tes berupa tes objektif sebanyak 12 soal dan afektif berupa angket sikap kerjasama siswa yang telah divalidasi. Dari hasil penelitian yang diberikan perlakuan berbeda, diamati sikap kerjasama siswa pada masing-masing kelas. Setelah perlakuan diperoleh nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 80.25 dan kelas eksperimen 81.94. melalui uni independent sample t-tes diperoleh nilai signifikansi sebesar 0.260 > 0.05, maka Ho diterima dan Ha ditolak. Pada peningkatan hasil belajar diperoleh rata-rata gain kelas kontrol sebesar 57.37% dan nilai rata-rata gain kelas eksperimen sebesar 64.31%. Hasil uji t menggunakan independent sample t-test, diperoleh nilai signifikansi = 0.0415 > 0.05 maka Ha diterima dan Ho ditolak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 KIM 184 |
Keywords: | Model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL); Lembar Kerja Siswa (LKS); Sikap Kerjasama |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 05 Sep 2017 16:30 |
Last Modified: | 22 Sep 2017 02:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26046 |