PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DENGAN MEDIA LEMBAR KERJA SISWA (LKS) UNTUK MENINGKATKAN SIKAP KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA MATERI REAKSI REDOKS KELAS X SMA

Sari, Wildany Novian (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DENGAN MEDIA LEMBAR KERJA SISWA (LKS) UNTUK MENINGKATKAN SIKAP KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA MATERI REAKSI REDOKS KELAS X SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4133131062 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4133131062 COVER.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4133131062 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4133131062 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4133131062 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4133131062 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4133131062 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4133131062 PREFACE.pdf - Published Version

Download (269kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4133131062 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4133131062 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 4133131062 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6. NIM 4133131062 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 4133131062 TABLES.pdf]
Preview
Text
7. NIM 4133131062 TABLES.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 4133131062 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 4133131062 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4133131062 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4133131062 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (222kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4133131062 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4133131062 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4133131062 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4133131062 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (149kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sikap kerjasama siswa dan peningkatan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan media Lembar Kerja Siswa (LKS) pada materi reaksi redoks kelas X SMA. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA Semester II SMA N 1 Namorambe yang terdiri dari 2 kelas dengan jumlah keseluruhan siswa 60 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara sampling jenuh. Kelas kontrol diberi perlakuan model pembelajaran konvensional dengan media LKS dan kelas eksperimen diberi perlakuan model pembelajaran CTL dengan media LKS. Instrumen yang digunakan untuk penelitian ini menggunakan dua ranah, yaitu kognitif berupa instrumen tes berupa tes objektif sebanyak 12 soal dan afektif berupa angket sikap kerjasama siswa yang telah divalidasi. Dari hasil penelitian yang diberikan perlakuan berbeda, diamati sikap kerjasama siswa pada masing-masing kelas. Setelah perlakuan diperoleh nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 80.25 dan kelas eksperimen 81.94. melalui uni independent sample t-tes diperoleh nilai signifikansi sebesar 0.260 > 0.05, maka Ho diterima dan Ha ditolak. Pada peningkatan hasil belajar diperoleh rata-rata gain kelas kontrol sebesar 57.37% dan nilai rata-rata gain kelas eksperimen sebesar 64.31%. Hasil uji t menggunakan independent sample t-test, diperoleh nilai signifikansi = 0.0415 > 0.05 maka Ha diterima dan Ho ditolak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 KIM 184
Keywords: Model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL); Lembar Kerja Siswa (LKS); Sikap Kerjasama
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 05 Sep 2017 16:30
Last Modified: 22 Sep 2017 02:51
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26046

Actions (login required)

View Item
View Item