Tambunan, Sahdiah Hotmaida (2017) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASH CARD TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR KOMPLEKS OLEH SISWA KELAS X SMA NEGERI 20 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 2132111018 COVER.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
2. NIM. 2132111018 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
3. NIM. 2132111018 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (339kB) | Preview
4. NIM. 2132111018 PREFACE.pdf - Published Version
Download (316kB) | Preview
5. NIM. 2132111018 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (323kB) | Preview
6. NIM. 2132111018 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
7. NIM. 2132111018 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
8. NIM. 2132111018 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
12. NIM. 2132111018 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
13. NIM. 213211101 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (367kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran flash card terhadap kemampuan menulis teks prosedur kompleks oleh siswa kelas X SMA Negeri 20 Medan tahun pembelajaran 2016/2017. Populasi penelitian ini berjumlah 182 siswa. Dari 182 siswa, ditetapkan 70 siswa yang menjadi sampel yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen dan tiap-tiap kelas terdiri dari 35 siswa.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimen Two Group Post-test Design. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah memberikan tes untuk menulis teks prosedur kompleks. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”.Data yang diperoleh menunjukkan bahwa kemampuan siswa menulis teks prosedur kompleks di kelas yang menggunakan media konvensional masuk dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata 61,42 sedangkan kemampuan siswa menulis teks prosedur kompleks di kelas yang menggunakan media pembelajaran flash card termasuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata 77,85. Selanjutnya pengujian hipotesis menunjukkan thitung > ttabel yaitu 9,55 > 2,03 pada taraf signifikan α = 0,05. Dengan demikian, telah terbukti bahwa hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima yaitu media pembelajaran flash card berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan menulis teks prosedur kompleks oleh siswa kelas X SMA Negeri 20 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 IND 102 |
Keywords: | Media pembelajaran; Flash card; Teks prosedur kompleks; SMA Negeri 20 Medan |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 05 Sep 2017 16:30 |
Last Modified: | 22 Sep 2017 02:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26044 |