Marpaung, Mirna Anggraini (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK TEORI KINETIK GAS DI KELAS XI SEMESTER II MA N 3 MEDAN T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
3. RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
4. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
5. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
6. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. DAFTAR TABEL FIX.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
9. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
10. BAB I.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
14. BAB V.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (267kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok teori kinetik gas di kelas XI semester II MAN 3 Medan T.P 2016/2017.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian quasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas XI semester II MAN 3 Medan T.P. 2016/2017. Sampel penelitian ini diambil dengan teknik class random sampling, yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation, dan kelas kontrol diterapkan pembelajaran konvensional yaitu model pembelajaran langsung, masing-masing kelas sebanyak 32 siswa untuk kelas eksperimen dan 31 siswa untuk kelas kontrol. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan instrumen berupa tes pilihan berganda sebanyak 10 soal dan keterampilan serta sikap siswa dengan menggunakan lembar observasi yang dilakukan oleh dua observer. Dari analisa data untuk kelas eksperimen yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation diperoleh rata-rata pretes 45,31 dan nilai rata-rata postes 78,75. Kelas kontrol yang diajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional diperoleh rata-rata pretes 43,23 dan rata-rata postes 67,74. Dari uji normalitas dan uji homogenitas diperoleh data dari kedua sampel normal dan homogen. Pada uji t pretes diperoleh H0 diterima maka kemampuan awal siswa pada kelas eksperimen sama dengan kemampuan awal siswa pada kelas kontrol.Uji t postes diperoleh Ha diterima maka ada perbedaan yang siginfikan akibat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap hasil belajar. Persentase peningkatan hasil belajar kelas eksperimen tergolong baik yaitu 61,14% dan kelas kontrol tergolong cukup yaitu 43,17%. Selama proses pembelajaran diperoleh nilai rata-rata keterampilan siswa kelas eskperimen adalah 74,5 dan nilai rata-rata sikap siswa kelas eksperimen adalah 72,6 termasuk dalam kriteria aktif. Sehingga diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok teori kinetik gas di kelas XI semester II MAN 3 Medan T.P 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 FIS 123 |
Keywords: | Model kooperatif tipe group investigation; Diskusi; Konvensional |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 05 Sep 2017 16:29 |
Last Modified: | 06 Sep 2017 02:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26041 |