Irawani (2017) PENGARUH RASA PERCAYA DIRI DAN PEMBERIAN REINFORCEMENT TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PELAYANAN PENJUALAN KELAS XI PM SMK NEGERI 1 MEDAN T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM__7131141053_COVER.pdf - Published Version
Download (18kB) | Preview
2. NIM_7131141053_APPROVAL SHELT.pdf - Published Version
Download (503kB) | Preview
3. NIM_ 7131141053_ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
4. NIM_7131141053_FREFACE.pdf - Published Version
Download (268kB) | Preview
5. NIM _7131141053_TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (354kB) | Preview
6. NIM_7131141053_TABLES.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
7. NIM _713114105_ ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
8. NIM_ 7131141053_APPENDENCIS.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
9. NIM__7131141053_CHAPTER_I.PDF - Published Version
Download (275kB) | Preview
13.NIM_7131141053_CHAPTER_V.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
14.NIM__7131141053_BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (12kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh yang posiitif dan signifikan antara rasa percaya diri dan pemberian reinforcement terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran pelayanan penjualan kelas XI PM SMK Negeri 1 Medan Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh rasa percaya diri dan pemberian reinforcement terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran pelayanan penjualan kelas XI PM SMK Negeri 1 Medan Tahun Pelajaran 2016/2017.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Medan yang beralamat di Jl. Sindoro No. 1. Jenis penelitisn ini adalah penelitian Expos Facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI PM SMK Negeri 1 Medan sampel yang terdiri 2 kelas yaitu XI PM 1 dan XI PM 2 yang jumlah siswanya 73 orang. Sampel dalam penelitian ini merupakan sampel total sampling yaitu sebanyak 73 siswa. Teknik pengumpulan data digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Uji validitas untuk analisis butir angket menggunakan rumus product moment, dan realibilitasnya diperoleh dengan menggunakan rumus cronbach alpha. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah analisis regresi linear berganda dan untuk membuktikan kebenaran hipotesis digunakan rumus uji parsial (uji t) dan uji F simultan.
Berdasarkan hasil penelitian bawah yang diperoleh persamaan regresi Y = Y = 39,79 + 0,250 X1 + 0,259 X2. Berdasarkan uji parsial (uji t) diperoleh t hitung (2,814) > ttabel (1,667) rasa percaya diri dan pemberian reinforcement berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas XI PM SMK Negeri 1 Medan dengan nilai signifikan lebih kecil dari 0,05. Hasil uji F simultan dperoleh Fhitung (11,117) > Ftabel (3,11) yang berarti variabel rasa percaya diri dan pemberian reinforcement secara serentak berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel terikat yaitu prestasi belajar siswa. Koefisien Determinasi (R square) 0,241 berarti 24 % kemampuan variabel rasa percaya diri, dan pemberian reinforcement menjelaskan pengaruhnya terhadap prestasi belajar siswa kelas XI PM SMK Negeri 1 medan pada mata pelajaran pelayanan penjualan T.P 2016/2017 dan 76 % dijelaskan oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam model penelitian ini.
Kesimpulan dari hasil penelitian yaitu terdapat pengaruh yang positif dan signifikan rasa percaya diri dan pemberian reinforcement terhadap prestasi belajar siswa kelas XI PM SMK Negeri 1 medan pada mata pelajaran pelayanan penjualan T.P 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 NIAGA 057 |
Keywords: | Rasa Percaya Diri, Pemberian Reinforcement, Prestasi Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5469.7 Markets. Fairs J Political Science > JF Political institutions (General) > JF1338 Public administration > JF1501 Civil service |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 05 Sep 2017 11:46 |
Last Modified: | 05 Sep 2017 08:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26029 |