Lubis, Asmiranda (2017) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK KELAS X SEMESTER II PADA MATERI POKOK SUHU, KALOR DAN PERPINDAHAN KALOR DI SMA NEGERI 16 MEDAN T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4131121004 COVER.pdf - Published Version
Download (25kB) | Preview
2. NIM 4131121004 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
3. NIM 4131121004 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
4. NIM 4131121004 PREFACE.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
5. NIM 4131121004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (15kB) | Preview
6. NIM 4131121004 ILLUSTRATIONS.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
7. NIM 4131121004 TABLE.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
8. NIM 4131121004 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
9. NIM 4131121004 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (23kB) | Preview
13.NIM 4131121004 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
14.NIM 4131121004 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning terhadap Kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas X semester II pada materi pokok suhu, kalor dan perpindahan kalor di SMA Negeri 16 Medan T.P 2016/2017.
Penelitian termasuk jenis penelitian quasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah semua peserta didik kelas X semester II SMA Negeri 16 Medan T.P. 2016/2017. Sampel penelitian ini diambil dengan teknik cluster random sampling, yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen diterapkan model Problem Based Learning, dan kelas kontrol diterapkan model pembelajaran langsung, masing-masing kelas sebanyak 30 peserta didik, Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan instrumen berupa tes uraian sebanyak 7 soal dan aktivitas dengan menggunakan lembar observasi yang dilakukan oleh dua observer.
Dari analisa data untuk kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning diperoleh rata-rata pretes 24 dengan standar deviasi 5,99 dan nilai rata-rata postes 73,53 dengan standar deviasi 3,87. Pada uji t dua pihak diperoleh nilai pretes thitung ≤ ttabel yaitu 0,31≤ 2,00 maka H0 diterima maka tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan pemecahan masalah awal peserta didik pada kelas kontrol dengan kelas eksperimen. Kelas kontrol yang diajar dengan menggunakan pembelajaran langsung diperoleh rata-rata Pretes 23,53 dan standard deviasi 6,04 sedangkan rata-rata Postes 67,43 dengan standard deviasi 3,75 . Selama proses pembelajaran, nilai rata-rata aktivitas belajar peserta didik kelas eksperimen adalah 83 termasuk dalam kriteria aktif. Kedua kelas berdistribusi normal dan memiliki variasi yang homogen. Hasil t satu pihak thitung adalah 6,42 sedangkan ttabel adalah 2,00 (6,42 > 2,00). Sehingga diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh model Problem Based Learning terhadap Kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas X semester II pada materi pokok suhu, kalor dan perpindahan kalor Di SMA Negeri 16 Medan T.P 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 FIS 190 |
Keywords: | MODEL PROBLEM BASED LEARNING;KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics > QC251 Heat |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 05 Sep 2017 11:45 |
Last Modified: | 05 Sep 2017 05:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26024 |