PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK GETARAN HARMONIK DI KELAS X SEMESTER II SMAN 1 STABAT KAB.LANGKAT T.P 2016/2017

Lubis, Eka Feby R. (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK GETARAN HARMONIK DI KELAS X SEMESTER II SMAN 1 STABAT KAB.LANGKAT T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4133321037 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4133321037 COVER.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4133321037 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4133321037 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (157kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4133321037 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4133321037 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4133321037 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4133321037 PREFACE.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4133321037 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4133321037 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (164kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 4133321037 ILUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6. NIM 4133321037 ILUSTRATION.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 4133321037 TABLES.pdf]
Preview
Text
7. NIM 4133321037 TABLES.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 4133321037 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 4133321037 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4133321037 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4133321037 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (153kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4133321037 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4133321037 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (259kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4133321037 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4133321037 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inquiry training terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok getaran harmonik di kelas X semester II SMA Negeri 1 Stabat T.P. 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Semester genap SMAN 1 Stabat yang terdiri dari 6 kelas. Sampel penelitian ini diambil dua kelas yaitu kelas X-Mia-1 (sebagai kelas kontrol) dan kelas X-Mia-2 (sebagai kelas eksperimen) yang masing-masing berjumlah 35 siswa yang ditentukan dengan teknik Cluster Random Sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar dalam bentuk tes essay dengan jumlah soal 10 item yang telah divalidkan oleh validator dan juga telah di validitas ramalan pada siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Hinai. Sebelum dimulai pembelajaran, kedua kelas diberikan pretes untuk mengukur kemampuan awal siswa. Dari hasil tes diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 24,71 dan nilai rata-rata pretes kelas kontrol 21,92. Hasil uji t dua pihak dengan  = 0,05, diperoleh thitung = -1,75 dan ttabel = 1,99 sehingga thitung < ttabel maka Ho diterima, dengan demikian diperoleh bahwa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol mempunyai kemampuan awal yang sama. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran inquiry training dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional.
Setelah selesai tiga pertemuan diberikan postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 75 dan kelas kontrol 65,715. Dari hasil uji t diperoleh thitung = 5,26 sedangkan ttabel =1,66. Karena thitung > ttabel (5,26>1,66) maka Ho ditolak. Berdasarkan hasil uji t satu pihak diperoleh kesimpulan ada perbedaan akibat pengaruh penerapan model pembelajaran inquiry training terhadap hasil belajar siswa pada materi getaran harmonik di kelas X semester II SMA Negeri 1 Stabat T.P. 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 FIS 118
Keywords: Model inquiry training; Hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 28 Aug 2017 14:43
Last Modified: 30 Aug 2017 09:33
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25960

Actions (login required)

View Item
View Item