Laoli, Yarni (2017) IMPLEMENTASI PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (PCK) BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI FLUIDA STATIS. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4131121049 - COVER.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
2. NIM. 4131121049 - APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
3. NIM. 4131121049 - ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (268kB) | Preview
4. NIM. 4131121049 - PREFACE.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
5. NIM. 4131121049 - TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
6. NIM. 4131121049 - ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
7. NIM. 4131121049 - TABLES.pdf - Published Version
Download (268kB) | Preview
8. NIM. 4131121049 - APPENDICES.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
9. NIM. 4131121049 - CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
13. NIM. 4131121049 - CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (341kB) | Preview
14. NIM. 4131121049 - BLIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi Pedagogical Content Knowledge (PCK) berbasis inkuiri terbimbing untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pokok fluida statis. Metode penelitian adalah quasi eksperimen dengan desain Two Group Pre-test dan Pos-test. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas XI SMA Negeri 6 Binjai T.P. 2016/2017. Sampel penelitian diambil dengan teknik class random sampling, yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan implementasi PCK berbasis inkuiri terbimbing, sedangkan kelas kontrol diberikan perlakuan dengan pembelajaran konvensional, masing-masing kelas sebanyak 35 siswa. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan instrumen berupa tes pilihan ganda sebanyak 15 soal dan observasi aktivitas siswa. Kemampuan awal siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah sama, sehingga kedua kelas berdistribusi normal dan memiliki varians yang homogen. Setelah diberikan perlakuan diperoleh rata-rata postes kelas eksperimen 69,71 dengan standar deviasi 10,64, dan kelas kontrol 51,80 dengan standar deviasi 9,97. Rata-rata skor aktivitas belajar siswa selama empat kali pertemuan sebesar 62,5% dengan kategori aktif. Hasil pengujian hipotesis postes thitung sebesar 7,25 sedangkan ttabel untuk α = 0,05 adalah 1,99 dimana thitung > ttabel yang artinya Ha diterima dan Ho ditolak, disimpulkan bahwa ada pengaruh implementasi PCK berbasis inkuiri terbimbing untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pokok fluida statis di kelas XI SMA Negeri 6 Binjai T.P 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 FIS 108 |
Keywords: | Pedagogical Content Knowledge (PCK); Inkuiri Terbimbing; Hasil Belajar; Aktivitas |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 28 Aug 2017 14:42 |
Last Modified: | 30 Aug 2017 09:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25948 |