Sianturi, I.In Carlay (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP HASIL BELAJAR PENGETAHUAN KONSEPTUAL SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 3 MEDAN T.P. 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 413121019 Cover.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
2. NIM 4131121019 surat pengesahan.pdf - Published Version
Download (249kB) | Preview
3. NIM 4131121019 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
4. NIM 4131121019 PREFACE.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
5. NIM 4131121019 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
6. NIM 4131121019 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
7. NIM 4131121019 TABLE.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
8. NIM 4131121019 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (271kB) | Preview
9. NM 4131121019 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
13. NIM 4131121019 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
14. NIM 4131121019 BIBILOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (280kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigation (GI) pada materi pokok Suhu dan Kalor di kelas X SMA Negeri 3 Medan T.P 2016/2017. 2) Mengetahui hasil belajar siswa yang menggunakan metode pembelajaran konvensional pada materi pokok Suhu dan Kalor di kelas X SMA Negeri 3 Medan T.P 2016/2017. 3) Mengetahui aktivitas siswa yang menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigation (GI) pada materi pokok Suhu dan Kalor di kelas X SMA Negeri 3 Medan T.P 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas kelas X SMA Negeri 3 Medan yang terdiri dari 15 kelas. Sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling, yaitu Kelas X MIA-13 dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigation (GI) dan kelas X MIA-14 dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional. Untuk memperoleh data hasil belajar pengetahuan konseptual dalam penelitian, digunakan tes pilihan berganda berjumlah 15 item yang telah divalidkan. Untuk memperoleh data aktivitas siswa, digunakan lembar observasi dengan 3 orang sebagai pengamat. Uji test mengunakan uji t pada α= 0,05. Dari hasil penelitian nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 54,7 dan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata pretes 58. Setelah dilakukan perlakuan pada masing-masing kelas diperoleh rata-rata nilai postes pada kelas dengan pembelajaran pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigation (GI) sebesar 77,9 sedangkan siswa yang diajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional diperoleh nilai rata-rata postes siswa 71,0. Pada hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 3,82 > 1,99 pada taraf signifikansi α = 0,05 dan dk = 68. Hal ini berarti Ha terima yang berarti ada pengaruh model pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigation (GI) terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi pokok Suhu dan Kalor di kelas X SMA Negeri 3 Medan T.P 2016/2017. Kesimpulan yang didapat adalah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) lebih tinggi dibandingkan metode pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 FIS 098 |
Keywords: | Group Investigation; Hasil Belajar; Aktivitas |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 28 Aug 2017 10:01 |
Last Modified: | 28 Aug 2017 07:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25926 |