Malau, Reinhard Chandra (2017) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MODEL KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) DAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4133131051 COVER.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
2. NIM 4133131051 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (255kB) | Preview
3. NIM 4133131051 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
4. NIM 4133131051 PREFACE.pdf - Published Version
Download (274kB) | Preview
5. NIM 4133131051 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
6. NIM 4133131051 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM 4133131051 TABLES.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
8. NIM 4133131051 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
9. NIM 4133131051 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (372kB) | Preview
13. NIM 4133131051 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
14. NIM 4133131051 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (273kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan antara model kooperataif tipe Team Games Tournament (TGT) dengan tipe Student Team Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar kimia siswa menggunakan Macromedia Flash pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan di kelas XI MIPA SMA Negeri 3 Medan. Sampel penelitian sebanyak dua kelas, yaitu kelas eksperimen I yang diberi perlakuan dengan model kooperatif tipe TGT dan kelas eksperimen II diberi perlakuan dengan model kooperatif tipe STAD. Penelitian ini menggunakan instrument test yang telah diujicobakan dan telah valid. Data hasil belajar siswa diuji normalitas dan homogenitasnya, hasil yang didapat kedua kelompok sampel homogen dan berdistribusi normal. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t-dua pihak dengan hasil penelitian ini pada taraf signifikansi 5% (α = 0,05) menunjukkan bahwa thitung > t ½ α (3,29 > 1,994) maka Ho ditolak. Dengan demikian ada perbedaan hasil belajar kimia siswa yang dibelajarkan menggunakan model kooperataif tipe Team Games Tournament (TGT) dengan hasil belajar kimia siswa yang dibelajarkan menggunakan model tipe Student Team Achievement Division (STAD) pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan. Peningkatan hasil belajar siswa dihitung dengan bentuk gain ternormalisasi dan didapatkan persen keberhasilan belajar siswa pada kelas eksperimen I sebesar 75 % dan kelas eksperimen II sebesar 64 %. Distribusi pencapaian nilai afektif pada kelas eksperimen I sebesar 78,82 % dan pada kelas eksperimen II sebesar 75% sedangkan untuk nilai pencapaian psikomotorik pada kelas eksperimen I sebesar 75,35 % dan pada kelas ekperimen II sebesar 71,94 %.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 KIM 047 |
Keywords: | hasil belajar; Team Games Tournament; Student Team Achievement Division; Macromedia Flash |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 28 Aug 2017 10:01 |
Last Modified: | 28 Aug 2017 03:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25919 |