Wulandari, Sri (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING (GUIDED INQUIRY) BERBANTUAN MEDIA KARTU SOAL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KERJA SAMA SISWA PADA POKOK BAHASAN REAKSI REDOKS. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4131131046 COVER.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
2. NIM. 4131131046 LEMBAR PENGESAHAN (2).pdf - Published Version
Download (248kB) | Preview
3. NIM. 4131131046 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
4. NIM. 4131131046 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
5. NIM. 4131131046 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
6. NIM. 4131131046 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
7. NIM. 4131131046 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 4131131046 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
9. NIM. 4131131046 BAB I.pdf - Published Version
Download (394kB) | Preview
13. NIM. 4131131046 BAB V.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
14. NIM. 4131131046 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (345kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah peningkatan hasil belajar dan kerja sama siswa yang mendapat pembelajaran model inkuiri terbimbing berbantuan media kartu soal lebih tinggi daripada peningkatan hasil belajar dan kerja sama siswa yang mendapat pembelajaran model konvensional (direct instruction) berbantuan media kartu soal. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 21 Medan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini diambil secara random sampling sebanyak dua kelas, yakni satu kelas sebagai kelas eksperimen yang dibelajarkan dengan penerapan model inkuiri terbimbing berbantuan media kartu soal dan satu kelas sebagai kelas kontrol yang dibelajarkan dengan model konvensional (direct instruction) berbantuan media kartu soal. Instrumen tes yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 20 soal dengan reliabilitas 0,762. Untuk uji hipotesis I mengenai peningkatan hasil belajar dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh data thitung > ttabel yakni 4,611 > 1,668, yang berarti Ha diterima dan tolak Ho yaitu peningkatan hasil belajar siswa yang mendapat pembelajaran model inkuiri terbimbing berbantuan media kartu soal (71,91%) lebih tinggi dibandingkan peningkatan hasil belajar siswa yang mendapat pembelajaran model konvensional berbantuan media kartu soal (55,31%), sedangkan untuk uji hipotesis II mengenai kerja sama siswa diperoleh data thitung > ttabel yakni 2,066 > 1,669 yang berarti Ha diterima dan tolak Ho yaitu peningkatan kerja sama siswa yang mendapat pembelajaran model inkuiri terbimbing berbantuan media kartu soal lebih tinggi dibandingkan kerja sama siswa yang mendapat pembelajaran model konvensional.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 KIM 045 |
Keywords: | Inkuiri terbimbing; Kartu soal; Kerja sama; Reaksi redoks |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 23 Aug 2017 13:47 |
Last Modified: | 23 Aug 2017 07:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25878 |