Siagian, Yuyun Yuaria (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING BERBANTUAN MACROMEDIA FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK MOMENTUM DAN IMPULS DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 15 MEDAN T.A. 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4133121063_ COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
2. NIM 4133121063- LEMBAR PENGESAHAN ..pdf - Published Version
Download (293kB) | Preview
3. NIM 4133121063_ ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
4. NIM 4133121063_ KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (346kB) | Preview
5. NIM 4133121063_ DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
6. NIM 4133121063_ DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
7. NIM 4133121063_ DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
8. NIM 4133121063_ DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
9. NIM 4133121063_ BAB I.pdf - Published Version
Download (349kB) | Preview
13. NIM 4133121063_BAB V.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
14. NIM 4133121063_ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (270kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran inquiry training berbantuan macromedia flash terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Momentum dan Impuls kelas X di SMA Negeri 15 Medan T.A 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen (quasi experimental) dengan desain penelitian Two Group Pretest – Posttest design. Sampel kelas diambil dengan metode cluster random sampling. Sampel penelitian adalah kelas X MIA-4 berjumlah 40 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas XMIA-5 berjumlah 40 orang sebagai kelas kontrol. Sebelum dilakukannya pembelajaran terlebih dahulu dilakukan pretest kepada kedua kelas. Kemudian dilaksanakan pembelajaran inquiry training pada kelas eksperimen dan pembelajaran konvensional di kelas kontrol. Untuk memperoleh data aktivitas, digunakan lembar observasi dengan 2 orang sebagai pengamat. Setelah pembelajaran selesai selanjutnya dilakukan postest. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah soal 20 buah. Berdasarkan hasil pengolahan data pretest di peroleh nilai rata-rata kelas eksperimen 34,125 dan nilai rata-rata kelas kontrol 33,12. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan pembelajaran inquiry training dan kelas control dengan pembelajaran konvensional. Setelah dilakukan perlakuan, maka diperoleh nilai rata-rata postes kelas eksperimen dan kelas control masing-masing 77,25 dan 69,25. Hasil uji t di peroleh nilai thitung sebesar 3,62 dan ttabel pada taraf signifikan 0,05 dan dk = 78 adalah 1,67 sehingga thitung > ttabel maka Ha diterima. Hasil ini menggambarkan bahwa ada perbedaan akibat pengaruh penggunaan model inquiry training berbantuan macromedia flash terhadap hasil belajar siswa pada materi momentum dan impuls di kelas X semester II SMA Negeri 15 Medan T.A 2016/1017. Kesimpulan yang dapat diambil adalah penggunaan model pembelajaran inquiry training berbantuan macromedia flash terhadap hasil belajar lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 FIS 082 |
Keywords: | Model Pembelajaran; Inquiry Training; Macromedia Flash; Momentum dan Impuls; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 23 Aug 2017 13:47 |
Last Modified: | 23 Aug 2017 07:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25875 |