PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 5 MEDAN T.P. 2016/2017

Sinaga, Aprilia Pratiwi (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 5 MEDAN T.P. 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4131121003 COVER.PDF]
Preview
Text
1. NIM 4131121003 COVER.PDF - Published Version

Download (75kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4131121003 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4131121003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (349kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4131121003 ABSTRACT.PDF]
Preview
Text
3. NIM 4131121003 ABSTRACT.PDF - Published Version

Download (43kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4131121003 PREFACE.PDF]
Preview
Text
4. NIM 4131121003 PREFACE.PDF - Published Version

Download (67kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4131121003 TABLE OF CONTENT.PDF]
Preview
Text
5. NIM 4131121003 TABLE OF CONTENT.PDF - Published Version

Download (66kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 4131121003  ILUSTRATION.PDF]
Preview
Text
6. NIM 4131121003 ILUSTRATION.PDF - Published Version

Download (36kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 4131121003 TABLE.PDF]
Preview
Text
7. NIM 4131121003 TABLE.PDF - Published Version

Download (37kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 4131121003 APPENDICES.PDF]
Preview
Text
8. NIM 4131121003 APPENDICES.PDF - Published Version

Download (62kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4131121003 CHAPTER I.PDF]
Preview
Text
9. NIM 4131121003 CHAPTER I.PDF - Published Version

Download (231kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4131121003 CHAPTER V.PDF]
Preview
Text
13. NIM 4131121003 CHAPTER V.PDF - Published Version

Download (65kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4131121003 BIBLIOGRAPHY.PDF]
Preview
Text
14. NIM 4131121003 BIBLIOGRAPHY.PDF - Published Version

Download (64kB) | Preview

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Inquiry Training terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi pokok fluida dinamis. Jenis penelitian adalah quasi eksperiment dengan populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas X Semester II SMA Negeri 5 Medan. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 dari 11 kelas secara acak yaitu kelas XI MIA 7 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 6 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen berjumlah 43 orang dan kelas kontrol berjumlah 43 orang. Kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan model pembelajaran Inquiry Training dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Untuk memperoleh data keterampilan proses sains dalam penelitian, digunakan instrumen keterampilan proses sains yang berupa Lembar Kerja Siswa yang telah divalidkan, dan untuk memperoleh data aktivitas siswa, digunakan lembar observasi dengan 2 orang sebagai pengamat. Hasil pra-pembelajaran kelas eksperimen sebelum diberi perlakuan sebesar 35.17 dan pada kelas kontrol sebesar 35.07. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran Inquiry Training dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Setelah dilakukan perlakuan yang berbeda, hasil pasca-pembelajaran kelas eksperimen mengalami peningkatan menjadi 81.58 dan kelas kontrol sebesar 71.02. Hasil uji hipotesis diperoleh t¬¬hitung > ttabel (6,32 > 1,664) maka Ha diterima dan H0 ditolak sehingga diperoleh adanya pengaruh penggunaan model pembelajaran Inquiry Training terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi pokok suhu dan kalor.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 FIS 075
Keywords: Inquiry training; Keterampilan proses sains; Konvensional; Suhu dan kalor
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Q Science > QC Physics > QC251 Heat
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 22 Aug 2017 13:59
Last Modified: 22 Aug 2017 08:05
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25857

Actions (login required)

View Item
View Item