Sinaga, Aprilia Pratiwi (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 5 MEDAN T.P. 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4131121003 COVER.PDF - Published Version
Download (75kB) | Preview
2. NIM 4131121003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (349kB) | Preview
3. NIM 4131121003 ABSTRACT.PDF - Published Version
Download (43kB) | Preview
4. NIM 4131121003 PREFACE.PDF - Published Version
Download (67kB) | Preview
5. NIM 4131121003 TABLE OF CONTENT.PDF - Published Version
Download (66kB) | Preview
6. NIM 4131121003 ILUSTRATION.PDF - Published Version
Download (36kB) | Preview
7. NIM 4131121003 TABLE.PDF - Published Version
Download (37kB) | Preview
8. NIM 4131121003 APPENDICES.PDF - Published Version
Download (62kB) | Preview
9. NIM 4131121003 CHAPTER I.PDF - Published Version
Download (231kB) | Preview
13. NIM 4131121003 CHAPTER V.PDF - Published Version
Download (65kB) | Preview
14. NIM 4131121003 BIBLIOGRAPHY.PDF - Published Version
Download (64kB) | Preview
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Inquiry Training terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi pokok fluida dinamis. Jenis penelitian adalah quasi eksperiment dengan populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas X Semester II SMA Negeri 5 Medan. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 dari 11 kelas secara acak yaitu kelas XI MIA 7 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 6 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen berjumlah 43 orang dan kelas kontrol berjumlah 43 orang. Kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan model pembelajaran Inquiry Training dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Untuk memperoleh data keterampilan proses sains dalam penelitian, digunakan instrumen keterampilan proses sains yang berupa Lembar Kerja Siswa yang telah divalidkan, dan untuk memperoleh data aktivitas siswa, digunakan lembar observasi dengan 2 orang sebagai pengamat. Hasil pra-pembelajaran kelas eksperimen sebelum diberi perlakuan sebesar 35.17 dan pada kelas kontrol sebesar 35.07. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran Inquiry Training dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Setelah dilakukan perlakuan yang berbeda, hasil pasca-pembelajaran kelas eksperimen mengalami peningkatan menjadi 81.58 dan kelas kontrol sebesar 71.02. Hasil uji hipotesis diperoleh t¬¬hitung > ttabel (6,32 > 1,664) maka Ha diterima dan H0 ditolak sehingga diperoleh adanya pengaruh penggunaan model pembelajaran Inquiry Training terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi pokok suhu dan kalor.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 FIS 075 |
Keywords: | Inquiry training; Keterampilan proses sains; Konvensional; Suhu dan kalor |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics Q Science > QC Physics > QC251 Heat |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 22 Aug 2017 13:59 |
Last Modified: | 22 Aug 2017 08:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25857 |