Rini (2017) PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTU MEDIA KARTU BERPASANGAN TERHADAP HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA SMA PADA POKOK BAHASAN REAKSI REDOKS. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4132131023 COVER .pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
2. NIM. 4132131023 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (261kB) | Preview
3. NIM. 4132131023 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
4. NIM. 4132131023 PREFACE.pdf - Published Version
Download (309kB) | Preview
5. NIM. 4132131023 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (306kB) | Preview
6. NIM. 4132131023 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
7. NIM. 4132131023 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
8. NIM. 4132131023 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
9. NIM. 4132131023 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
13. NIM. 4132131023 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
14. NIM. 4132131023 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar kimia siswa yang dibelajarkan dengan model Problem Based Learning (PBL) berbantu media kartu berpasangan lebih tinggi daripada model Problem Based Learning (PBL) tanpa menggunakan media kartu berpasangan pada materi reaksi redoks, mengetahui pengaruh penerapan model Problem Based Learning (PBL) berbantu media kartu berpasangan terhadap aktivitas belajar kimia siswa SMA pada pokok bahasan reaksi redoks, korelasi aktivitas belajar siswa terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X MIA SMA Swasta ERIA Medan, yang berjumlah 5 kelas sedangkan sampel dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas yang diambil secara purposif sampling, 1 kelas sebagai kelas eksperimen dan 1 kelas lagi sebagai kelas kontrol. Jenis penelitian ini adalah penelitian ekperimental. Instrumen tes yang valid sebanyak 20 soal dan dinyatakan reliabel = 0,81. Berdasarkan hasil uji persyaratan data, diketahui bahwa data hasil pretest dan postest pada kelas eksperimen dan kontrol berdistribusi normal dan homogen. Sedangkan untuk uji hipotesis dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh thitung ≥ ttabel, yakni 6,20 ≥ 2,0021, berarti Ha diterima dan tolak Ho yaitu peningkatan hasil belajar kimia siswa yang menerapkan model Problem Based Learning (PBL) berbantu media kartu berpasangan lebih tinggi dibandingkan dengan model Problem Based Learning (PBL) tanpa menggunakan media kartu berpasangan pada materi reaksi redoks di kelas X IPA SMA Swasta ERIA Medan yaitu 86 > 76,5 . Untuk korelasi, menunjukan korelasi positif antara aktivitas siswa dalam kelompok dengan peningkatan hasil belajar yaitu r hitung > r tabel (0,76 > 0,361) dengan koefisien determinasi 57,76.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 KIM 039 |
Keywords: | PBL; Kartu Berpasangan; Aktivitas; Reaksi Redoks |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 16 Aug 2017 15:51 |
Last Modified: | 22 Aug 2017 03:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25828 |