PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR DI SMA NEGERI 1 HAMPARAN PERAK T.P 2016/2017

Andini, Fika Juli (2017) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR DI SMA NEGERI 1 HAMPARAN PERAK T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4131121013 COVER_doc.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4131121013 COVER_doc.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4131121013 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4131121013 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4131121013 RIWAYAT HIDUP_doc.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4131121013 RIWAYAT HIDUP_doc.pdf - Published Version

Download (3kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4131121013 ABSTRAK_doc.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4131121013 ABSTRAK_doc.pdf - Published Version

Download (8kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4131121013 KATA PENGANTAR_doc.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4131121013 KATA PENGANTAR_doc.pdf - Published Version

Download (12kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 4131121013 DAFTAR ISI_doc.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 4131121013 DAFTAR ISI_doc.pdf - Published Version

Download (10kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 4131121013 DAFTAR TABEL_doc.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 4131121013 DAFTAR TABEL_doc.pdf - Published Version

Download (4kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 4131121013 DAFTAR GAMBAR_docx.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 4131121013 DAFTAR GAMBAR_docx.pdf - Published Version

Download (3kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM.  4131121013 DAFTAR LAMPIRAN_doc.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4131121013 DAFTAR LAMPIRAN_doc.pdf - Published Version

Download (5kB) | Preview
[thumbnail of 10. NIM. 4131121013 BAB I_doc.pdf]
Preview
Text
10. NIM. 4131121013 BAB I_doc.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4131121013 BAB V_doc.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4131121013 BAB V_doc.pdf - Published Version

Download (13kB) | Preview
[thumbnail of 15. NIM. 4131121013 DAFTAR PUSTAKA_doc.pdf]
Preview
Text
15. NIM. 4131121013 DAFTAR PUSTAKA_doc.pdf - Published Version

Download (15kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based
learning terhadap hasil belajar dan aktivitas pemecahan masalah siswa pada materi pokok
suhu dan kalordi kelas Xsemester IISMA Negeri 1 Hamparan Perak T.P 2016/2017.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian quasi eksperimen. Populasi
penelitian ini adalah semua siswa kelas X-MIA semester II SMA Hamparan Perak
T.P. 2016/2017. Sampel penelitian ini diambil dengan teknik cluster random
sampling, yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen diterapkan model
Problem Based Learning dengan jumlah 36 orang siswa, dan kelas kontrol
diterapkan model pembelajaran langsung dengan jumlah 33 orang siswa, Data
penelitian ini diperoleh dengan menggunakan instrumen berupa essay tes
sebanyak 7 soal dan aktivitas pemecahan masalah siswa dengan menggunakan
lembar observasi yang dilakukan oleh dua observer.
Dari analisa data untuk kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata pretes
25,06 dengan standar deviasi 5,099 dan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata
pretes 23,09 dan standard deviasi 5,87. Kemudian dilakukan uji t dua pihak pada
data pretes dan diperoleh nilai thitung 1,32 dan nilai ttabel 1,99 yang menunjukkan
bahwa thitung < ttabel maka dapat di simpulkan bahwa kemampuan awal siswa pada
kelas eksperimen sama dengan kemampuan awal siswa pada kelas kontrol.
Setelah diberi perlakuan, pada kelas eksperimen yang diajar dengan menggunakan
model Problem Based Learning diperoleh nilai rata-rata postes 65,35 dengan
standar deviasi 9,92 dan pada kelas kontrol yang diajarkan dengan model
pembelajaran langsung diperoleh nilai rata-rata postes 58,18 dengan standard
deviasi 9,68. Kemudian dilakukan uji t satu pihak pada data postes dan diperoleh
nilai thitung 3,06 dan nilai ttabel 1,66, yang menujukkan bahwa thitung > ttabel, sehingga
diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh model Problem Based Learning
terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok suhu dan kalor di kelas X semester II SMA
Negeri 1 Hamparan Perak T.P 2016/2017. Selama proses pembelajaran, diperoleh
nilai rata-rata aktivitas pemecahan masalah siswa pada kelas eksperimen adalah
79,28 termasuk dalam kriteria aktif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 FIS 175
Keywords: Model Problem Based Learning,Aktivitas Pemecahan Masalah, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics > QC251 Heat
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 16 Aug 2017 11:25
Last Modified: 29 Aug 2017 04:08
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25791

Actions (login required)

View Item
View Item