Fajri, Rahmi (2017) PERBEDAAN METODE PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DENGAN METODE CERAMAH TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA DI KELAS IV SD NEGERI 112143 RANTAU UTARA T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 1133311091 COVER.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
2. 1133311091 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (254kB) | Preview
3. 1133311091 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
4. 1133311091 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
5. 1133311091 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
6. 1133311091 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
8. 1133311091 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
7. 1133311091 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
9. 1133311091 BAB I.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
13. 1133311091 BAB V.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
14. 1133311091 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA antara
kelas yang diajar dengan menggunakan metode Problem Solving dengan metode
ceramah siswa kelas IV SD Negeri 112143 Rantau Utara T.P 2016/2017. Jenis
penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi pada penelitian ini yaitu siswa
kelas IV SD Negeri 112143 Rantau Utara T.P 2016/2017. Pengambilan sampel
dilakukan dengan teknik purposive sampling dan adapun penentuan kelas
eksperimen dan kelas kontrol dilakukan secara acak (random) dengan jumlah
populasi 3 kelas sebanyak 95 siswa. Berdasarkan jumlah populasi tersebut maka
Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV-A menjadi kelas eksperimen
sebanyak 30 orang dan kelas IV-B menjadi kelas kontrol sebanyak 30 orang.
Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini digunakan tes dengan soal pilihan
berganda. Hasil belajar yang menggunakan metode Problem Solving pada materi
Gaya dikelas IV SD Negeri 112143 Rantau Utara dengan Nilai rata-rata sebesar
84,67 dan standart deviasi sebesar 5,07. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran
metode Problem Solving masuk dalam kategori baik dalam meningkatkan hasil
belajar IPA siswa.Pada pengujian data pretest kedua kelas diperoleh bahwa data
kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Di lihat dari nilai rata-rata
peningkatan pada kelas eksperimen sebesar 74,67 sementara nilai rata-rata
peningkatan pada kelas kontrol sebesar 73,17. Analisis data menggunakan uji t
pada taraf signifikan = 0,05 dengan uji prasyarat normalitas dan homogenitas.
Hasil uji t data selisih post-test dan pretest diperoleh = 2,04 sedangkan
= 1,67 karena > Teknik pengumpulan data pada penelitian ini
adalah tes dan dokumentasi.Teknik (2,04>1,67), maka ditolak dan
diterima, yang berarti bahwa hasil belajar siswa pada materi Gaya yang diajar
dengan metode Problem Solving lebih baik dari pada hasil belajar siswa yang
diajar dengan metode ceramah
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PGSD 225 |
Keywords: | HASIL BELAJAR IPA; METODE PROBLEM SOLVING; METODE CERAMAH |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 16 Aug 2017 11:18 |
Last Modified: | 23 Aug 2017 04:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25786 |