Syafitri, Maya (2017) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MODEL SCIENTIFIC INQUIRY BERBASIS BUDAYA JAWA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN SELF-EFFICACY SISWA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8156176015 COVER.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
2. NIM. 8156176015 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (280kB) | Preview
3. NIM. 8156176015 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (273kB) | Preview
4. NIM. 8156176015 PREFACE.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
5. NIM. 8156176015 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
6. NIM. 8156176015 TABLE.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
7. NIM. 8156176015 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM. 8156176015 APENDICS.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM. 8156176015 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (232kB) | Preview
13. NIM. 8156176015 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
14. NIM. 8156176015 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: mendeskripsikan validitas; kepraktisan; keefektifan perangkat pembelajaran menggunakan model scientific inquiry berbasis budaya Jawa; mengetahui peningkatan keterampilan proses sains dan self-efficacy siswa dengan menerapkan perangkat pembelajaran menggunakan model scientific inquiry berbasis budaya Jawa. Penelitian ini merupakan Research and Development (R&D) dengan menggunakan model 4-D meliputi tahapan define, design, develop, dan disseminate yang dikemukakan oleh Thiagarajan dengan pengujian terbatas. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja SIswa (LKS), buku siswa, buku guru dan instrument keterampilan proses sains siswa pada materi suhu dan kalor. Konteks budaya Jawa dimasukkan dalam setiap fase model pembelajaran scientific inquiry dengan pola interaksi berembug dalam menyelesaikan masalah, permasalahan pada LKS dan instrument, serta ilustrasi pada buku guru dan buku siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIA I SMA Negeri 1 Tanjung Pura terdiri atas 35 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran menggunakan model scientific inquiry berbasis budaya Jawa valid, praktis dan efektif. Keterampilan proses sains siswa dengan menerapkan perangkat pembelajaran menggunakan model scientific inquiry berbasis budaya Jawa meningkat dengan perolehan rata-rata nilai N-Gain pada pertemuan I hingga ke pertemuan III dengan kategori sedang, dan terdapat peningkatan self-efficacy siswa dengan kategori tinggi setelah menerapkan perangkat pembelajaran menggunakan model scientific inquiry berbasis budaya Jawa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 530.71 Sya p |
Keywords: | Pengembangan; Perangkat pembelajaran; Model scientific inquiry; Budaya jawa; Keterampilan proses sains; Self-efficacy |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 16 Aug 2017 10:18 |
Last Modified: | 16 Aug 2017 04:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25747 |